Tersangka Pilkada, DPR Minta KPK Tak Bermain Politik - Realita Rakyat
Connect with us

Politik

Tersangka Pilkada, DPR Minta KPK Tak Bermain Politik

Published

on

Jakarta, Realitarakyat.com. – Ketua KPK Agus Rahardjo pernah melontarkan ancaman sebanyak 90 % calon kepala daerah berpotensi terjerat hukum. Meski kemudian diralat, pernyataan itu justru membuat kegaduhan politik baru menjelang pilkada 2018 ini.

“Jadi, KPK kalau ada bukti kuat langsung proses hukumnya ditindaklanjuti, siapapun mereka. Tapi, tidak perlu banyak bicara seperti pengamat. KPK harus banyak bertindak,” tegas Wasekjen PPP Achmad Baidowi di Kompleks Parlemen, Senayan Jakarta, Kamis (29/3/2018).

Hal itu disampaikan terkait wacana revisi UU Pilkada, menyusul beberapa calon kepala daerah yang tersangkut kasus hukum KPK.

Karena itu kata Baidowi, perlu terobosan hukum bagi calon kepala daerah yang menjadi tersangka itu diganti atau tidaknya? “Menurut UU Pilkada UU No. 10 2016 pasal 53 dan 54 bahwa parpol tak boleh menarik pasangan calon dan tak boleh diganti kecuali meninggal dunia,” ujar anggota Komisi II DPR itu.

Dengan demikian solusinya kata Baidowi, tetap revisi UU No. 10 tahun 2016 tersebut. Persoalannya sekarang tidak mungkin, maka dimungkinkan untuk periode ke depan. “Revisi itu harus ada usulan dari pemeirntah maupun DPR RI,” jelas Awiek – sapaan akrab politisi dari Madura ini.

Mengapa? Menurut Awiek, paslon yang sudah ditetapkan oleh KPU meski menjadi tersangka tidak menggugurkannya sampai ada keputusan hukum tetap atau inkrah. “Kalau tersangka dan  terpilih dalam Pilkada, maka tetap dilantik. Tapi, setelah itu baru diberhentikan,” pungkasnya.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Politik

Ketum Partai Gelora Anis Matta : Indonesia Harus Siap Hadapi Krisis Global Berkepanjangan

Published

on

Continue Reading

Headline

Pilpres 2024 Mendatang Diperkirankan Tokoh – Tokoh Muda Yang Mendominasi

Published

on

Continue Reading

Politik

AHY: Orang Tua Khawatir Anak-anak Sekolah di Tengah Pandemi Corona

Published

on

Continue Reading
Loading...