Irjen Widiyanto: Mulai Sekarang Hentikan Jika Masih Ada Ormas Yang Melakukan Pemalakan Kita akan Sikat - Realita Rakyat
Connect with us

TNI -POLRI

Irjen Widiyanto: Mulai Sekarang Hentikan Jika Masih Ada Ormas Yang Melakukan Pemalakan Kita akan Sikat

Published

on

Medan, Realitarakyat.com. – Sekretaris Satgas Saber Pungli Pusat, Irjen Pol Widiyanto Poesoko mengatakan, banyak laporan menyebutkan ormas di Sumatera Utara (Sumut) sering melakukan pungutan liar (pungli) ke beberapa restoran maupun lainnya.

“Banyak ormas di Sumut yang mengintimidasi, memalak, dan meminta-minta uang. Misalnya kepada restoran, Hotel , Perkebunan dan lainnya. Itu mulai dari sekarang dihentikan,” kata Widiyanto usai menghadiri acara Rapat Koordinasi (Rakor) Unit Pemberantasan Pungli (UPP) Saber Pungli provinsi dengan kabupaten/kota se Sumut, di Hotel Santika Dyandra, Jalan Kapten Maulana Lubis, Medan, Senin (25/2) malam.

Widiyanto juga menyebutkan, saat ini Unit Pemberantasan Pungli (UPP) Saber Pungli di Sumut belum berjalan maksimal. Banyak kendala yang masih dihadapi tim UPP Saber Pungli. Salah satu kendala belum adanya posko masyarakat untuk mengadukan pungli.

“Kendalanya juga terkait anggaran terbatas. UPP juga belum punya program kerja, belum punya Standar Operasional Prosedur (SOP) dan lainnya,” sebut Widiyanto.

Namun Widiyanto mengatakan, jika masih ada Ormas yang melakukan pemalakan agar semua elemen masyarakat melaporkannya. “Jika masih ada Ormas yang melakukan pemalakan, silahkan laporkan , agar kita sikat, saat ini ormas yang berbau preman sudah tidak cocok lagi di indonesia.” Ucap Jendrap Bintang Dua ini.

Diungkapkannya, dari 33 kabupaten/kota yang ada di Sumut, baru sebagiannya yang berjalan. Selebihnya belum, dan diharapkan semuanya berjalan. “Apalagi sudah perintah Pak Menteri. Katakanlah posko itu. Mau mengadu kemana masyarakat kalau poskonya belum ada,” ungkapnya.

“Untuk posko harus dibuat di luar kantor polisi, mengingat saat ini orang malas ke kantor polisi,” ujarnya.

Sekretaris Daerah Provinsi Sumut, Sabrina, mewakili Gubernur Sumut, Edy Rahmayadi, mengatakan, seluruh kabupaten/kota harus bersinergi dalam upaya pemberantasan pungli. Sehingga Sumut bebas pungli segera terwujud.

“Keberhasilan Satgas anti pungli bukan keberhasilan perorangan atau satu kelompok kerja saja, melainkan keberhasilan bersama,” sebutnya.

Dikatakannya, praktik pungli harus dihapuskan. Karena pungli dapat membenani masyarakat, serta menurunkan kepercayaan publik pada pemerintah yang sedang berjalan saat ini. “Kondisi tersebut tentu dapat merusak sendi kehidupan masyarakat berbangsa dan bernegara, serta perlu penanganan serius,” tegasnya.(M Marpaung)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

TNI -POLRI

Aksi Anggota TNI AL Jadi Sopir Ambulans Covid-19 Dadakan saat Jemput Warga untuk Tes Swab

Published

on

Continue Reading

TNI -POLRI

Dua Jendral Dari mabes Diterjunkan Ke Episentrum Jatim Untuk Bantu Tangani Covid 19

Published

on

Continue Reading

TNI -POLRI

Kabaharkam : Konsep Kampung Tangguh di Kabupaten Malang Layak Diadopsi

Published

on

Continue Reading
Loading...