Hasil Produk Narapidana Jadi Pusat Perhatian di HANI 2019 - Realita Rakyat
Connect with us

Nasional

Hasil Produk Narapidana Jadi Pusat Perhatian di HANI 2019

Published

on

Jakarta, Realitarakyat.com – Produk Unggulan Narapidana Direktorat Jenderal Pemasyarakatan (Ditjen PAS) berhasil menarik perhatian banyak pengunjung Pameran Peringatan Hari Anti Narkotika Internasional (HANI) 2019 di The Tribrata, Jakarta Selatan, Rabu (26/6).

Acara ini diselenggarakan oleh Badan Narkotika Nasional (BNN) yang diikuti oleh beberapa kementerian dan BNN Provinsi seluruh Indonesia serta dibuka langsung oleh Wakil Presiden Republik Indonesia, Jusuf Kalla.

Produk kreatif seperti batik, tas, mukena hingga kaligrafi menjadi incaran para pengunjung karena harganya yang terjangkau dengan kualitas tinggi. Para pengunjunga juga berkesempatan untuk mencicipi roti dan kue buatan narapidana Lapas Kelas III Bekasi (Lapas Cikarang) secara gratis. Keikutsertaan Ditjen PAS merupakan perwakilan dari Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham).

Dewi Motik, salah satu pengusaha terkemuka dan mantan model ternama Indonesia, mengungkapkan bahwa ia sering membeli produk buatan narapidana.

“Saya berusaha langsung beli karena saya tahu uang tersebut akan dikembalikan kepada orang yang membuat dan dia akan menikmati hasilnya. Sehingga nanti kalau dia keluar dari penjara, dia bisa melakukan sesuatu untuk kehidupan masa depannya. Saya beli sesuatu betul-betul bukan karena kasihan, tapi karena saya betul-betul menghargai produk mereka,” ujar Dewi usai berbelanja.

Tak hanya itu, Henry Yosodiningrat, Ketua Gerakan Nasional Anti Narkotika (Granat) juga mengunjungi stan Kemenkumham dan berbelanja produk buatan narapidana

“Kalau dari karya sudah bagus. Yang penting nanti bagaimana setelah narapidana itu keluar, mereka merasakan manfaat ketika dilakukan pembinaan kerja terhadap mereka. Karena jangan mereka hanya mengisi waktu, tapi betul-betul sebuah keterampilan yang setelah mereka keluar bermanfaat apakah menjadi sebuah usaha,” ujar Henry.

 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Nasional

Kemandagri Sebut 16 Provinsi Ini Tunjukkan Tren Menurun Penularan Covid-19

Published

on

Continue Reading

Headline

Update Corona 5 Juni : Pasien Positif Bertambah 703 Jadi 29.521 Orang, 9.443 Sembuh, 1.770 Meninggal

Published

on

Continue Reading

Nasional

Wamenlu: Indonesia harus Manfaatkan Krisis COVID-19 untuk Lakukan Reformasi

Published

on

foto: ist/net
Continue Reading
Loading...