Dirut PT PILOG Dijadwalkan KPK - Realita Rakyat
Connect with us

Nasional

Dirut PT PILOG Dijadwalkan KPK

Published

on

Jakarta, Realitarakyat.com – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menjadwalkan Direktur Utama PT Pupuk Indonesia Logistik (Pilog) Ahmadi Hasan pada Jumat (5/7/2019).

Menurut Juru Bicara KPK Febri Diansyah, Ahmadi diperiksa sebagai saksi untuk kasus dugaan suap kerja sama penyewaan kapal antara PT PILOG dan PT Humpuss Transportasi Kimia (HTK).

“Yang bersangkutan akan diperiksa sebagai saksi untuk tersangka IND (Indung, orang kepercayaan anggota DPR Bowo Sidik Pangarso),” kata Juru Bicara KPK Febri Diansyah saat dikonfirmasi.

Nama Ahmadi sendiri disebut sebagai pihak yang menerima fee dalam perkara ini. Sebagaimana dakwaan Marketing Manager PT HTK, Asty Winasti.

Fee untuk Ahmadi adalah 28.500 dolar Amerika Serikat. Dengan perhitungan
300 dollar Amerika Serikat per hari dari setiap sewa kapal MT Pupuk Indonesia.

“Fee yang diterima seluruhnya sebesar 28.500 dollar Amerika Serikat,” kata jaksa.

Penyerahan fee itu dilakukan secara bertahap. Pertama, sebesar 14.700 dollar Amerika Serikat pada tanggal 27 September 2018. Uang itu diserahkan Asty ke Ahmadi di Restoran Papilon Pacific Place.

Kemudian, pada tanggal 14 Desember 2018, Asty menyerahkan uang sebesar 13.800 dollar Amerika Serikat ke Ahmadi di kantor PT PILOG.

Ahmadi merupakan orang yang menandatangani nota kesepahaman dengan Direktur PT HTK Taufik Agustono. Nota itu pada intinya menyebutkan, PT PILOG akan menyewa kapal MT Griya Borneo milik PT HTK. Sebaliknya, PT HTK akan menyewa kapal MT Pupuk Indonesia milik PT PILOG.

Keduanya menandatangani perjanjian pengangkutan amonia dengan nomor 221/DIR-HTK/VII/2018 dan nomor 021/SPK/PILOG-HTK/VII/2018.

Indung adalah orang kepercayaan Bowo yang juga menjadi tersangka lantaran diduga menerima uang sebanyak lima kali dengan total 158.733 dolar Amerika Serikat atau setara Rp 2,2 miliar dan uang tunai Rp 311,02 juta. (Bisma Rizal)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Nasional

Sikapi Pembuat Sertifikat UKW Palsu, PWI Pusat Dorong Dewan Pers Proses Secara Hukum

Published

on

Continue Reading

Nasional

Jokowi Ingin Contoh Korsel Lacak Positif Corona Pakai GPS

Published

on

Continue Reading

Nasional

Jokowi Targetkan Uji Spesimen Covid-19 Jadi 20.000 per Hari

Published

on

Continue Reading
Loading...