Akomodir Semua Partai di Pimpinan MPR, PAN Usulkan Jadi 10 Kursi - Realita Rakyat
Connect with us

Nasional

Akomodir Semua Partai di Pimpinan MPR, PAN Usulkan Jadi 10 Kursi

Published

on

Jakarta, Realitarakyat.com – Wasekjen DPP PAN, Saleh Partaonan Daulay, mengusulkan formasi pimpinan MPR RI agar mengakomodir partai Koalisi Indonesia Kerja (KIK) dan Koalisi Adil Makmur, dengan jumlah menjadi 10 kursi pimpinan.

Usulan itu disampaikan, menanggapi keinginan Wakil Ketua MPR, Ahmad Basarah agar pimpinan MPR mendatang dapat diisi oleh partai dari kedua koalisi Pilpres 2019. “Ini masih wacana awal. Itu juga untuk menanggapi pernyataan Pak Basarah-red,” kata Saleh, di Jakarta Senin (12/8).

Saleh berpendapat jika usulan ini bisa mereduksi kisruh terkait dengan perebutan kursi pimpinan MPR yang saat ini tengah memanas. Maka, sambung dia, bila diberlakukan partai politik (Parpol) tidak perlu berebut untuk masuk dalam kursi pimpinan.

“Paling, (tinggal) menentukan ketuanya saja yang perlu dimusyawarahkan. Semua terakomodasi,” sebut Wakil Ketua Komisi XI DPR itu.

Pun demikian, Saleh memaparkan, usulan ini bisa terwujud jika seluruh fraksi menyepakati revisi Undang-undang MPR, DPR, DPRD, dan DPD (UU MD3). Penambahan kursi pimpinan ini pernah terjadi di periode 2014-2019.

Ketika itu, UU MD3 Nomor 17 Tahun 2014 mengatur komposisi pimpinan terdiri atas satu ketua dan empat wakil. Aturan ini kemudian direvisi melalui UU MD3 Nomor 2 Tahun 2018 yang membuat komposisi pimpinan MPR menjadi delapan orang, yang tediri dari satu ketua dan tujuh wakil.

Sementara itu, aturan komposisi pimpinan MPR telah direvisi ke dalam Pasal 427C UU MD3 Nomor 2 Tahun 2018. Pimpinan MPR hasil Pemilu 2019 dikembalikan ke formasi satu ketua dan empat wakil. Pemilihannya melalui sistem paket yang terdiri atas unsur fraksi dan kelompok DPD. (Zal)

Nasional

Bila Tak Dikelola dengan Benar, Teknologi Berpeluang Jadi Ancaman bagi Pancasila

Published

on

foto: ist/net
Continue Reading

Headline

Presiden Jokowi Sebut Konsekuensi Program Pemulihan Ekonomi Tambah Defisit APBN

Published

on

Continue Reading

Nasional

Moeldoko Ajak Kaum Milenial Terapkan Nilai-nilai Pancasila dalam Keseharian

Published

on

foto: ist/net
Continue Reading
Loading...