Connect with us

Nasional

Menteri Pertanian: B100 Sudah Teruji Puluhan Ribu Km

Published

on

Menteri Pertania, Amran Sulaiman

Jakarta, Realitarakyat.com – Menteri Pertanian, Amran Sulaiman menyebutkan, penggunaan bahan bakar biodiesel seratus persen (B100) sudah teruji hingga puluhan ribu km. Uji tersebut, katanya, sudah dilakukan sejak 3 tahun lalu.

“B100 sekarang kita sudah sesuai dengan arahan bapak Presiden. Kita sudah uji tiga tahun bahkan kilometernya sudah sampai 19 ribu km dan tidak ada masalah,” ungkapnya saat ditemui wartawan, di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Jumat (16/8/2019).

Amran menambahkan, uji coba tersebut menggunakan 55 unit mobil. “Sudah tahun ketiga mudah-mudahan satu dua tahun sudah bisa dikomersilkan potensinya sangat bagus,” ungkapnya.

Apalagi, kata Amran, produksi sawit selama empat setengah tahun ini
meningkat 10 juta ton. “Ini peningkatan tertinggi dalam sejarah,” jelasnya.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyebutkan, ingin ada lompatan baru dalam penggunaan energi terbarukan. Yakni, menggunakan biodiesel hingga 100 persen atau B100 untuk menjadi bahan bakar. Pemanfaatan biodiesel sebagai bahan bakar itu dilakukan secara bertahap yang dimulai dari campuran 20 persen.

“Kita harus berani memulai dari sekarang beberapa lompatan kemajuan sudah kita lakukan. Kita sudah mulai dengan program B20, akan masuk ke B30 campuran solar dengan 30 persen biodiesel. Tapi kita bisa lebih dari itu kita bisa membuat B100,” kata Jokowi dalam Sidang Bersama DPD-DPR RI 2019, di Senayan, Jakarta, Jumat (16/8/2019).

Menurut Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan ketika dicoba dengan B30 performa mesin tidak masalah. “Dan perawatan tidak berubah banyak,” kata Jonan di Kementerian ESDM Jakarta, Kamis (13/6/2019). (riz/ndi)

Nasional

Pengamat Sebut Sandiaga dan Fadli Zon Berpeluang Isi Posisi Menteri KKP

Published

on

Continue Reading

Nasional

Kata Luhut, Permen Soal Ekspor Benih Lobster Tak Salah

Published

on

Continue Reading

Nasional

KKP Akui Telah Dapatkan Surat Pengunduran Edhy Prabowo

Published

on

Continue Reading
Loading...