Tindakan Sekjen DPD dan MPR Pada GKR Hemas Bikin Geram Perempuan - Realita Rakyat
Connect with us

Politik

Tindakan Sekjen DPD dan MPR Pada GKR Hemas Bikin Geram Perempuan

Published

on

Jakarta, Realitarakyat.com – Anggota DPD RI Periode 2014-2019, Gusti Kanjeng Ratu (GKR) Hemas menerima perlakuan tidak menyenangkan saat akan menghadiri sidang istimewa tahunan MPR, Jumat 16 Agustus 2019.

Undangan yang sudah diterima Hemas dibatalkan sepihak oleh Kesetjenan DPD dan MPR RI.

Meski Hemas tidak mempersoalkan masalah tersebut, aktivis perempuan sekaligus sebagai ahli hukum tata negara Bivitri Susanti mengecam keras tindakan Sekjen DPD dan MPR RI yang mengeluarkan surat pencabutan undangan.

Hal itu, tidak sesuai dengan asas umum pemerintahan yang baik, khususnya berkaitan dengan asas kepastian hukum, ketidakberpihakan.

“Tindakan pencabutan undangan terhadap GKR Hemas tidak bisa dilihat sederhana, semata-mata sebagai tindakan administratif surat menyurat biasa. Tindakan yang dikeluarkan secara mepet waktu selain memperlihatkan sikap tidak profesional dalam administrasi pemerintahan, juga harus dilihat sebagai ancaman serius pada keberadaan perempuan di ranah politik,” kata Bivitri, di Jakarta, Minggu (18/8/2019).

Dirinya meminta pejabat yang berwenang secara struktural untuk segera mengoreksi tindakan Sekjen DPD dan MPR yang sudah bertindak tidak tepat dengan mengeluarkan surat pencabutan undangan atas nama GKR Hemas.

“Mandat rakyat yang diperoleh anggota DPD terpilih tidak boleh secara sepihak dicabut tanpa melalui prosedur yang konstitusional pula. Jadi harus dijelaskan dengan benar apa dan bagaimana pembatalan tersebut,” kata dia. [frn/ipg]

Politik

Inilah Alasan Tito Karnavian Kenapa Pilkada Serentak Tetap Digelar

Published

on

Continue Reading

Politik

AHY : New Normal Bukan Pulih Tapi Ekstra Waspada

Published

on

Continue Reading

Politik

Mahfud Sidik : Partai Gelora Siap Berkompetisi Dengan Semua Partai Politik

Published

on

Continue Reading
Loading...