326 Kades Pandeglang Akan Ikut Bimtek ke Bali - Realita Rakyat
Connect with us

Daerah

326 Kades Pandeglang Akan Ikut Bimtek ke Bali

Published

on

Pandeglang, Realitarakyat.com – Sebanyak 326 Kepala Desa (Kades) se-Kabupaten Pandeglang, Banten, bakal terbang ke Pulau Dewata Bali untuk mengikuti Bimbingan Teknis (Bimtek) prioritas penggunaan Dana Desa serta perencanaan bisnis dan manajemen BumDes.

Agenda Bimtek itu rencananya digelar di Pulau Dewata Bali tepatnya di Fashion Hotel Legian dan The One Legian serta diselipkan agenda mengunjungi BumDes Kutuh, Kecamatan Kuta Selatan, Kabupaten Badung.

Informasi rencana Bimtek itu diketahui saat surat undangan untuk Kades beredar luas. Surat tersebut dikeluarkan oleh Lembaga Pengembangan dan Potensi Kemandirian Desa (LPPKD) yang berpusat di Bekasi, Jawa Barat. Dalam surat yang dikeluarkan tanggal 12 Juni 2019 itu, kegiatan Bimtek akan digelar dari tanggal 2-5 September 2019.

Meski tidak mencantumkan biaya yang dipungut, namun kabar yang beredar penyelenggara mewajibkan Kades yang mencapai 326 desa, membayar uang sebesar Rp10 juta untuk anggaran perjalanan.

Bupati Pandeglang Irna Narulita mengaku tak mempersoalkan kunker para Kades tersebut karena telah lebih dulu meminta izin, terpenting Dana Desa (DD) yang mereka gunakan bisa dipertanggungjawabkan , bahkan menurutnya, Kades di Pandegang harus menjadi entrepreneur hebat.

“Jadi Kades- Kades kita juga harus jadi entrepreneur hebat, kalau wawasannya gak luas ya Allah kasihan banget. Intinya mereka menghabiskan uang rakyat, tapi dengan tujuan tadi, orientasinya hasil apa yang bisa dibawa, kampung wisata? Produk unggulan, budayanya,” kata Irna, Kamis (22/8/2019).

Menurut Irna, biaya Bimtek tersebut sudah dianggarkan melalui APBDes mereka masing masing. Bimtek itu juga lanjutnya, supaya para Kades tidak hanya berorientasi menghasilkan anggaran, tetapi tidak memiliki inovasi demikian kemajuan di desanya.

Sebenarnya Bimtek serupa telah dilakukan pada tahun lalu, tetapi bukan ke Bali tetapi di Yogyakarta untuk meninjau Bumdes yang telah maju.

“Nanti dia ke Bali apa yang dia dapat. Tanggungjawabnya ada, saya akan kumpulkan para kepala desa sebelum mereka berangkat melalui DPMPD, supaya mereka memiliki kecakapan, keunggulan setiap desa setelah mereka belajar banyak. Kita dorong dari desa tertinggal bisa menjadi berkembang dan mandiri,” katanya. [sae/ipg]

Daerah

Bayi Positif Corona Di Batam Meninggal Dunia

Published

on

Ilustrasi / Net
Continue Reading

Daerah

Diduga Terlibat Prostitusi Online , Polda Sulut Amankan 33 Orang

Published

on

Continue Reading

Daerah

Protes BLT Dana Desa, Ratusan Warga di Halmahera Selatan Rusak Balai Desa

Published

on

Continue Reading
Loading...