Connect with us

Politik

HNW: RUU PSDN Harus Benar-benar Disikapi

Published

on

Jakarta, Realitarakyat.com – Rancangan Undang Undang (RUU) tentang pengelolaan Sumber Daya Nasional (RUU PSDN), dalam rangka ketahanan nasional harus benar-benar disikapi serta dimaksimalkan.

Demikian disampaikan Anggota Komisi I DPR, Hidayat Nur Wahid (HNW), di Jakarta, Jumat (23/8/2019).

Hal itu sekaligus mengingat lingkungan strategis Indonesia semakin dinamis, lantaran meningkatnya rivalitas di antara negara-negara besar dan ancaman asimetris dari aktor bukan negara, seperti terorisme, separatisme, penyelundupan barang, orang lintas batas negara hingga serangan cyber.

“Hal ini perlu benar-benar disikapi dengan menyiapkan sistem pertahanan semesta yang memadai serta memaksimalkan sarana prasarana,” kata HNW.

Dalam penyelenggaraaan pertahanan negara, HNW menegaskan bahwa bangsa Indonesia menganut prinsip bahwa setiap warga negara berhak dan wajib terlibat aktif di dalam membela Negara serta secara tegas disebutkan dalam Pasal 27 ayat 3 Undang Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945.

Namun dalam pasal tersebut ditegaskan kata ‘sukarela’, sehingga menurut Hidayat hal tersebut tidak bersifat mengikat.

“Nantinya, semua sumber daya nasional non-militer akan diberikan pendidikan dan pelatihan bela negara. Sehingga komponen cadangan ini siap untuk mendukung pertahanan negara ketika terjadi ancaman militer. Keterlibatan warga sebagai komponen pendukung adalah hak sehingga sifatnya sukarela,” kata dia. [zal/ipg]

Kesehatan

Kegiatan Kampanye Daring Menurun, Bawaslu Dorong Penguatan Prokes

Published

on

ist/net
Continue Reading

DPR

Hasil Survei Tren Demokrasi, Ketua Komisi III DPR Ajak Masyarakat Lakukan Evaluasi

Published

on

ist/net
Continue Reading

Headline

Siap Maju Caketum PPP, Suharso Monoarfa Optimistis Lampaui Ambang Batas PT

Published

on

Continue Reading
Loading...