IPW: Kerja Keras Pansel Capim KPK Patut Dihargai - Realita Rakyat
Connect with us

Hukum

IPW: Kerja Keras Pansel Capim KPK Patut Dihargai

Published

on

Ketua Presidium Indonesia Police Watch (IPW), Neta S Pane

Jakarta, Realitarakyat.com – Semua pihak diminta menghargai hasil kerja keras Panitia Seleksi (Pansel) Pimpinan Komisi pemberantasan Korupsi (KPK) yang telah melahirkan 20 dari 40 calon pimpinan KPK yang ikut assessment.

Permintaan itu disampaikan Ketua Presidium Indonesia Police Watch (IPW), Neta S Pane, kepada wartawan, di Jakarta, Sabtu (24/8/2019).

“Hasil kerja keras Pansel KPK dalam melahirkan 20 dari 40 capim KPK yang ikut assessment, patut dihargai semua pihak. Apalagi, seleksi calon pimpinan KPK masih satu tahap lagi, yaitu wawancara, dimana Pansel KPK akan memilih 10 dari 20 calon,” ujar Neta.

Menurut dia, kinerja Pansel KPK sangat profesional dan independen dalam melakukan proses seleksi capim KPK. Setidaknya hal ini terlihat dari dicoretnya dua petahana pimpinan KPK, dan tersingkir sejumlah jenderal polisi dalam proses seleksi.

“Dengan terpilihnya 20 orang ini, Capim makin mengkristal menuju proses pemilihan figur-figur yg profesional untuk menjadi pimpinan KPK ke depan,” ujar Neta

Dikataka Neta, dari keterpilihan 20 figur capim ini makin terlihat bahwa akan masuk empat figur polisi dalam 10 besar, untuk kemudian akan dipilih presiden lima figur, yang dua di antaranya nantinya adalah polisi.

“Hadirnya dua figur polisi di jajaran pimpinan kpk saat ini sangat diperlukan untuk menata dan menertibkan kekacauan di KPK serta menyatukan kembali KPK yg terbelah dua antara “polisi India dan polisi Taliban”,” tegasnya.

Neta berharap, jika KPK dipimpin jenderal polisi akan terbangun soliditas dilembaga antirasuah itu. Dengan solidnya KPK diharapkan fungsi-fungsi strategis KPK, seperti fungsi supervisi dan pencegahan bisa berjalan maksimal.

“Dengan berjalannya fungsi-fungsi strategis ini, KPK tidak hanya berperan sebagai pemadam kebakaran dalam menangani pemberantasan korupsi di negeri ini. Tapi benar benar bisa menjadi lembaga yang mencegah mewabahnya korupsi di negeri ini,” katanya.

Menurut Neta, Pansel sepertinya berusaha melahirkan pimpinan yang bisa membawa paradigma baru bagi KPK, khususnya dalam pemberantasan dan mencegah mewabahnya korupsi di Indonesia. “Bagaimana pun kinerja dan misi Pansel KPK ini patut didukung dan diapresiasi semua pihak,” tukasnya. (orl/ndi)

Hukum

Jaksa Agung Kerahkan 50 Orang Tangani Kasus Jiwasraya

Published

on

Continue Reading

Hukum

KPK Sebut Harun Masiku Terus Diburu

Published

on

Continue Reading

Hukum

KPK Telusuri Pihak – Pihak Yang Diduga Membantu Pelarian Nurhadi

Published

on

Continue Reading
Loading...