Connect with us

Nasional

Jelang Pilkada, Bawaslu Ajak Masyarakat Waspadai Kecurangan Petahana

Published

on

komisioner Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu), Fritz Edward Siregar

Jakarta, Realitarakyat.com – Kontestasi politik pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak tahun 2020, akan dimulai pada September mendatang. Kandidat petahana dipastikan akan turut ambil bagian guna mempertahankan jabatan yang saat ini didudukinya.

Melihat hal tersebut, komisioner Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu), Fritz Edward Siregar, meminta masyarakat agar menggunakan hak suara berdasar program, bukan karena ada faktor lain di belakangnya.

Pernyataan itu disampaikan Fritz, karena dirinya menilai, jelang Pilkada seperti saat ini, sejumlah strategi kecurangan terkadang kerap kali dilakukan kandidat pertahana agar dapat duduk dan menang kembali.

“Kandidat petahana kerap kali sering ditemui terbukti keluar dari rambu-rambu pilkada, terlebih politik uang secara terstruktur, sistematis, dan masif. Calon kepala daerah tersebut, dipastikan dikeluarkan dari bursa calon,” kata Fritz, dalam keterangannya, di Jakarta, Selasa (3/9/2019).

Selain masyarakat, Fritz juga mengingatkan petahana agar dapat sportif dalam mengikuti kontestasi politik pilkada mendatang. Bilamana melanggar dirinya komit akan mendiskualifikasi siapapun pelaku dan alasannya.

“Bawaslu RI pun memberikan peringatan kepada para petahana agar tidak melakukan dua jenis pelanggaran ini baik mutasi ataupun politik uang karena dapat didiskualifikasi,” paparnya.

“Bawaslu juga menegaskan, seorang petahana dapat kami didiskualifikasi jika terbukti melakukan mutasi jabatan, enam bulan sebelum masa penetapan calon kepala daerah, masa pemilihan hingga pada masa bersangkutan dilantik kembali. Mutasi bisa dilakukan oleh kepala daerah jika mendapatkan izin dari menteri dalam negari,” imbuhnya kembali. (ndi)

Headline

Kata Yenny Wahid, Rasulullah SAW Feminis Sejati

Published

on

Yenni Wahid/Net
Continue Reading

Nasional

DPR Minta Pemerintah Sikapi Serius Soal Isu Papua

Published

on

Anggota Komisi I DPR RI Sukamta (ist/net)
Continue Reading

Headline

Wapres Sebut Pemekaran Belum Dapat Dilanjutkan Karena Keuangan NegaraBelum Memungkinkan

Published

on

Continue Reading
Loading...