Jangan Bebani Rakyat, Penaikan Iuran BPJS Harus Ditinjau Menyeluruh - Realita Rakyat
Connect with us

Politik

Jangan Bebani Rakyat, Penaikan Iuran BPJS Harus Ditinjau Menyeluruh

Published

on

Ketua Komisi IX DPR RI, Dede Yusuf / Realitarakyat.com
image_pdfimage_print

Jakarta, Realitarakyat.com – Penaikan iuran program Jaminan Kesehatan Nasional BPJS Kesehatan akan direalisasi pada 1 Januari 2020 sebesar 100 persen. Penaikan itu dilakukan untuk menutupi defisit JKN yang saat ini membebani negara.

Namun demikian, penaikan iuran JKN BPJS Kesehatan ini justru dirasa terlalu membebani masyarakat, khusunya yang ikut dalam program pemerintah tersebut.

Atas permasalahan itu, Ketua Komisi IX DPR RI, Dede Yusuf menyebutkan bahwa program pemerintah yang mengangani kesehatan ini harus ditinjau secara menyeluruh, agar masyarakat tidak terbebani dengan penaikan ini.

“Jadi menurut saya, kita harus memperbaiki sistim-nya, aturannya, agar kemudian tidak membebankan rakyatnya,” kata Dede Yusuf dalam acara diskusi di Gedung DPR RI, Kamis (5/9/2019).

Terutama soal tarif inasibijis yang menjadi gerbang terjadinya difisit BPJS Kesehatan. Inasibijis adalah tarif diagnosis dokter terhadap pasien yang ditetapkan Kementerian Kesehatan.

Pemerintah, kata dia, harus kembali melibatkan organisasi profesi, rumah sakit yang melayani program JKN BPJS Kesehatan.

“Jadi menurut saya, inasibijis ini memang harus diubah, dengan cara kembali melibatkan organisasi propesi, rumah sakit yang punya hitung-hitungan,” kata dia.

Sementara, terkait dengan setiap pemegang Kartu Keluarga, yang diwajibkan ikut dalam program ini juga harus ditinjau ulang.

“Karena ada Undang-undang yang mengatakan seluruh KK wajib ikut, itu yang memberatkan,” kata dia. [ipg]

Politik

Jubir Gerindra Minta KPU Tolak Pecandu Narkoba Maju Pilkada

Published

on

foto: ist/net
Continue Reading

Politik

DPR Setuju Kurangi 16 RUU dari Prolegnas Prioritas 2020

Published

on

foto: ist/net
Continue Reading

Headline

Badaruddin Andi : Partai Berkarya Akan Menggelar Munaslub, Kandidat Ketum Muchdi PR dan Tommy

Published

on

Continue Reading
Loading...