Pilkada 2020, Pengamat: Percuma Ada Pengawas Kalau Masih Tergiur Tawaran - Realita Rakyat
Connect with us

Nasional

Pilkada 2020, Pengamat: Percuma Ada Pengawas Kalau Masih Tergiur Tawaran

Published

on

Direktur Eksekutif Indonesia Political Review (IPR) Ujang Komarudin

Jakarta, Realitarakyat.com – Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) akan menggelar sekolah kader pengawas pemilihan umum pada tanggal 8 hingga 12 September mendatang. Tujuannya, untuk menciptakan Pilkada Serentak 2020 yang berkualitas.

Merespon hal tersebut, Direktur Eksekutif Indonesia Political Review (IPR) Ujang Komarudin menilai, kader pengawas Pemilu tidak akan efektif bilamana anggota yang turut serta tidak memiliki integritas yang baik untuk membangun daerah dan Indonesia yang lebih maju.

Pernyataan tersebut disampaikan Ujang dikarenakan di setiap pemilu selalu saja ada gerakan-gerakan transaksional, baik secara transparan atau tidak untuk memenangkan kandidat yang diunggulkan.

“Intergritas sangatlah diperlukan, karena di setiap pemilu baik nasional maupun Pilkada selalu tim pemenangan dan kandidat peserta melakukan upaya-upaya yang mencoreng sportifitas kontestasi politik,” kata Ujang, kepada Realitarakyat.com, di Jakarta, Sabtu (7/9/2019).

“Jadi percuma kalau ada kader pengawas, tetapi mereka tetap terpengaruh bujuk rayu dari politik transaksional,” imbuh Ujang lagi.

Namun demikian, akademisi Universitas Al-Azhar Indonesia ini berharap, dengan adanya kader pengawas pemilu dalam pilkada mendatang, benar-benar dapat menghasilkan kepala daerah yang jujur dan memegang amanah masyarakatnya.

“Kalau kader pengawas bekerja dengan maksimal. Saya berharap dapat menghasilkan kepala daerah yang jujur dan memegang amanah masyarakat untuk memajukan daerahnya. Bukan diisi oleh kepala daerah yang hanya mengedepankan kepentingan pribadi,” tandasnya. (ndi)

Headline

Jokowi Perintahkan Aparat Secara Masif untuk Disiplinkan Warga

Published

on

Continue Reading

Headline

Presiden Jokowi Tinjau MRT Untuk Menghadapi New Normal

Published

on

Continue Reading

Headline

Fahri Hamzah Minta Pemerintah Bebaskan Siti Fadilah

Published

on

Continue Reading
Loading...