Connect with us

Daerah

Syarat Ini yang Wajib Diketahui untuk Menjadi TKI

Published

on

Kasi Lalu Lintas dan Izin Tinggal Keimigrasian Kantor Imigrasi Kelas II TPI Langsa, Denni Jumanson

Langsa, Realitarakyat.com – Untuk bekerja ke luar negeri sebagai Tenaga Kerja Indonesia (TKI), masyarakat perlu mengetahui syarat-syaratnya. Ini agar terhindar dari TKI non prosedural.

Demikian disampaikan, Kasi Lalu Lintas dan Izin Tinggal Keimigrasian Kantor Imigrasi Kelas II TPI Langsa, Denni Jumanson, Sabtu (7/9/2019).

Disebutkannya, untuk menjadi TKI resmi, pertama, masyarakat mendaftarkan diri ke Disnaker kabupaten/kota, umur minimal 18 tahun, kecuali yang bekerja digunakan perseorangan umur minimal 21 tahun.

Kedua, sehat jasmani, rohani dan tidak dalam keadaan hamil dan memiliki kualifikasi yang dipersyaratkan oleh pengguna.

Kemudian dokumen yang harus dimiliki yaitu KTP, ijazah, akte lahir/surat kenal lahir surat keterangan status perkawinan (menikah/belum menikah), surat keterangan izin suami/istri, orang tua atau wali. Sertifikat kompetensi kerja, surat keterangan sehat berdasarkan hasil pemeriksaan kesehatan dan psikologi, paspor, visa kerja.

Sementara itu, untuk terhindar dari TKI non prosedural, pertama, carilah informasi PPTKIS di Dinas Ketenagakerjaan (Disnaker) kabupaten/kota, Balai Pelayanan Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BP3TKI), Loka Pelayanan Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (LP3TKI), Pos Pelayanan Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (P4TKI), dan di website : jobsinfo.bnp2tki.go.id

Kedua, ikuti penyuluhan oleh petugas PPTKIS bersama Disnaker kabupaten/kota, BP3TKI, LP3TKI, P4TKI. Ketiga, mendaftar ke Disnaker kabupaten/kota. Keempat, ikuti proses seleksi yang dilakukan oleh PPTKISdan Disnaker kabupaten/kota.

Kelima, menandatangani perjanjian penempatan dengan PPTKIS yang disahkan oleh Disnaker kabupaten/kota.(ndi)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Daerah

Syaiful Hidayat : Kasus Baru Covid-19 di Pamekasan Meningkat

Published

on

Continue Reading

Daerah

Awasi Prokes, Dinkes Lampung Minta Pengelola Tempat Wisata Siapkan Satgas

Published

on

ist/net
Continue Reading

Daerah

Perpanjang PSBB, Pusat Keramaian di Bogor Tetap Tutup Pukul 20.00 WIB

Published

on

ist/net
Continue Reading
Loading...