Pilkada 2020, Parpol Diminta Buka Rekam Jejak Calon yang akan Diusung - Realita Rakyat
Connect with us

Nasional

Pilkada 2020, Parpol Diminta Buka Rekam Jejak Calon yang akan Diusung

Published

on

Ketua Bawaslu, Abhan

Jakarta, Realitarakyat.com – Ketua Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu), Abhan meminta kepada semua partai politik untuk membuka secara transparan terkait data-data kandidat calon kepala daerah yang akan diusung pada Pemilihan Kepala Daerah (Pemilukada) 2020.

Hal itu disampaikan Abhan, karena dirinya menilai, publik harus mengetahui bagaimana rekam jejak dan visi misi setiap kandidat agar masyarakat mengetahui siapa yang pantas menjadi pimpinan daerahnya.

“Tentu untuk mendapatkan kandidat yang baik, harus dengan proses yang baik kan? Salah satu proses yang baik itu adalah proses yang transparan,” kata Abhan, di Jakarta, Senin (10/9/2019).

Abhan pun berharap, dengan adanya transparansi publikasi terkait calon kandidat, hal tersebut dapat menanggulangi calon calon koruptor yang ingin maju dalam kontestasi demokrasi daerah tersebut.

“Bilamana dibuka, masyarakat dapat mengetahui siapa saja yang maju. Sosok yang maju pun akan berkaca diri sebelum dinilai dan dikritik oleh masyarakat sendiri apakah memiliki rekam jejak yang bagus ataupun buruk. Hal ini saya yakin berhasil menangkal munculnya kandidat-kandidat yang nakal,” paparnya.

Bilamana ada yang menilai mekanisme ini tidak maksimal, Abhan pun tetap optimis bahwa pola transparansi kandidat ini tetap efektif, hanya saja memerlukan beberapa evaluasi tambahan.

“Yang sudah berjalan akan dievaluasi, alat uji terkait transparansi akan ditambah dan beberapa kekurangan pun perlu diperbaiki,” tandasnya. (ndi)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Nasional

Istana Terapkan Adaptasi Kebiasaan Baru di Tengah Pandemi COVID-19

Published

on

foto: ist/net
Continue Reading

Nasional

Jokowi Minta Tingkatkan Uji Spesimen dengan Gunakan Teknologi

Published

on

foto: ist/net
Continue Reading

Headline

Jubir Pemerintah: Hari Ini Kasus Covid-19 Bertambah 585, Pasien Sembuh 486 dan Meninggal 23 Orang

Published

on

ilustrasi foto: ist/net
Continue Reading
Loading...