Tahun 2035, Jumlah Penduduk di Kupang Diprediksi Capai 686,35 Jiwa - Realita Rakyat
Connect with us

Daerah

Tahun 2035, Jumlah Penduduk di Kupang Diprediksi Capai 686,35 Jiwa

Published

on

Asisten Pemerintahan Kota Kupang, Yos Rera Beka
image_pdfimage_print

Kupang, Realitarakyat.com – Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (PPKB) Kota Kupang, memprediksi kepadatan penduduk di wilayah tersebut, dapat mencapai 686,354 jiwa di tahun 2035.

Pemerintah Kota Kupang, akan dihadapkan dengan berbagai persoalan akibat pertumbuhan penduduk, baik kelahiran maupun migrasi pekerja dari berbagai daerah, sehingga perlu ada strategi pengendalian penduduk.

Demikian diungkapkan Asisten Pemerintahan Kota Kupang, Yos Rera Beka, saat membuka Rakor Program Kependudukan Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga, Rabu (11/9/2019).

Kepala Bidang Pengendalian Penduduk Dinas PPKB Kota Kupang, Saleh Bahweres mengatakan proyeksi pertambahan penduduk Kota Kupang pada 2035 akan mencapai 686,354 jiwa bukan dari angka kelahiran, namun juga dipengaruhi oleh migrasi penduduk pencari kerja yang terjadi tiap tahun.

Data penduduk Kota Kupang pada 2017 hanya sebanyak 412,708 jiwa dan diprediksi akan meningkat di tahun 2020 menjadi 446,193 dan 2035 naik mencapai 686,354 jiwa.

Menurut Saleh, kepadatan penduduk yang tinggi akan berimplikasi pada meningkatnya kebutuhan sarana pelayanan publik, sekaligus berdampak rentan terhadap berbagai masalah sosial.

“Proyeksi tersebut bukan dari angka kelahiran saja, namun dari migrasi tiap tahun, kepadatan penduduk berdampak pada permintaan layanan publik yang lebih kompleks serta rentan terhadap berbagai persoalan sosial, sehingga perlu ada pengendalian kuantitas penduduk melalui keluarga berencana,” kata Saleh.

Penyebaran, pertumbuhan dan kepadatan penduduk yang tinggi berimplikasi pada meningkatnya kebutuhan sarana dan prasarana layanan publik, sekaligus rentan terhadap berbagai masalah sosial. (ndi)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Daerah

Masalah Tanah, Soerang Anak Gugat Ibu Kandungnya

Published

on

Continue Reading

Daerah

Kematian Gadis Asahan Ditempat Karaoke Ternyata Akibat Overdosis Pil Ineks

Published

on

Continue Reading

Daerah

Ribuan Warga Sleman Yogyakarta Menolak Tambang Pasir

Published

on

Continue Reading
Loading...