Pegawai KPK Harus Introspeksi, Hengkang atau Tetap Kerja di Bawah Pimpinan Baru - Realita Rakyat
Connect with us

Nasional

Pegawai KPK Harus Introspeksi, Hengkang atau Tetap Kerja di Bawah Pimpinan Baru

Published

on

Direktur Eksekutif Emrus Corner, Emrus Sihombing. (foto: ist/net)

Jakarta, Realitarakyat.com – Komisi III DPR RI telah menetapkan Firli Bahuri sebagai pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) periode 2019-2023. Hal itu hasil voting yang dilakukan Komisi III dengan suara terbanyak dari empat komisioner terpilih lainnya, yakni 56 suara.

Merespon hal tersebut, Direktur Eksekutif Emrus Corner, Emrus Sihombing berharap, Firli Bahuri dapat membuktikan kinerja hasil nyata sebagai pimpinan KPK pada masa satu bulan pertama dirinya menjabat.

Sebagai pembuktian awal, Emrus menilai, Firli perlu melakukan evaluasi dan pembenahan internal KPK yang selama ini dinilai publik terjadi kurang sinergitas antara bawahan dan pimpinan lembaga antirasuah tersebut.

“Pimpinan KPK yang baru harus mulai bekerja memperbaiki manajemen SDM di KPK, alangkah eloknya para pegawai di KPK melakukan introspeksi diri, apakah dirinya masih layak atau tidak tetap bekerja di KPK bersama pimpinan baru,” kata Emrus, dalam keterangannya, kepada Realitarakyat.com, di Jakarta, Jumat (13/9/2019).

Dia menjelaskan, bila tidak ada pembenahan SDM di internal KPK, dirinya merasa khawatir KPK tidak maksimal dalam membersihkan ‘penjarah’ uang rakyat.

“Bila ada pegawai yang harus ‘dibersihkan’ dan ‘dibereskan’, maka lakukan saja,” ujarnya menambahkan.

Sebab, kata dia, pegawai yang profesional, hanyalah bekerja sesuai dengan hukum positif dan aturan yang berlaku di internal KPK itu sendiri.
“Karena itu, dengan alasan apa pun, tidak boleh ada resistensi dari satu atau sekelompok orang pegawai KPK terhadap salah satu atau beberapa atau keseluruhan pimpinan KPK yang baru,” imbuh Emrus,” katanya.

Emrus pun menambahkan bahwa dirinya optimis Pimpinan KPK yang dipilih oleh DPR RI merupakan kandidat yang terbaik untuk membangun Indonesia yang lebih maju dan bersih dari korup.

Karena itu, Emrus mengajak masyarakat untuk tidak melakukan kritikan negatif, tetapi lebih mengedepankan dukungan kepada Pimpinan KPK yang telah ditetapkan.

“Bila kita merujuk pada proses di Pansel dan Komisi III, maka merurut saya capim KPK yang lulus berpredikat ‘summa cumlaude’, sekaligus mengantongi ‘sertifikat’ kelayakan serta kepatutan menjadi pimpinan KPK melalui proses politik di DPR. Jadi marilah kita dukung agar mereka dapat bekerja maksimal,” tutupnya. (ndi)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Nasional

Bagi Para PNS, Ini Bocoran Skenario Cara Kerja Diera New Normal

Published

on

Continue Reading

Nasional

Idul Fitri, Prabowo beri hormat tenaga medis melawan COVID-19

Published

on

Continue Reading

Nasional

Luhut: Pandemi COVID-19 momentum saling kuatkan persaudaraan

Published

on

Continue Reading
Loading...