Connect with us

Nasional

Xanana Ziarah ke Makam Habibie

Published

on

Presiden pertama Timor Leste, Xanana Gusmao Ziarah ke Makam Presiden ke-3 RI B.J. Habibie / Ist

Jakarta, Realitarakyat.com – Presiden pertama Timor Leste, Xanana Gusmao bersama mahasiswa negara tersebut, yang sedang menimba ilmu di Indonesia, menyambangi makam Presiden ke-3 RI, B.J. Habibie, di Taman Makam Pahlawan Kalibata, Jakarta Selatan, Minggu (15/9/2019).

Diakui Xanana, dirinya dan para mahasiswa yang hadir di Kalibata dalam rangka memberikan penghormatan terakhirnya kepada almarhum.

“Mereka yang datang-datang (mahasiswa Timor Leste) untuk memberikan pemghormatan kepada Bapak Habibie,” kata Xanana usai berdoa di Pusara Almarhum B.J. Habibie.

Xanana pun mengungkapan bagaimana kedekatan masyarakat Timor Leste kepada almarhum. Menurut dia, salah satu jasa Habibie kepada masyarakat Timor Leste yang hingga saat ini dirasakan adalah hubungan baik pemerintah Timor Leste dengan pemerintah Indonesia.

Kedekatan itulah, menurut Xanana menjadi salah satu alasan banyaknya mahasiswa asal Timor Leste yang menempuh pendidikan di sejumlah universitas di Indonesia.

“Ini salah satu dari alumni mahasiswa dari dulu masih jaman perjuangannya mereka memberikan suatu organisasi mahasiswa namanya Resentia National Istudante di Indonesia.”

“Oleh karena itu, sekarang karena sudah merdeka ada adik-adiknya (mahasiswa) yang sekarang ini belajar di indonesia harus juga menyampaikan rasa hormatan kepada beliau. Karena dari situ 20 tahun yang lalu mereka bisa menikmati sekarang kebebasan dan bisa juga ikuti langkah-langkah dari yang sudah tua,” kata dia.

Dari pantauan dilapangan, usai memberikan penghormatan kepada Habibie, Xanana sempat bertemu putra pertama Habibie, Ilham Akbar Habibie yang baru tiba di makam ayahandanya tersebut.

Keakraban pun sangat terlihat ketika Xanana memeluk erat putra pertama sahabat karibnya itu. Keduanya pun sempat berbincang-bincang di depan pusara Habibie dan istrinya, Ainun Habibie.

Tak berselang lama, Xanana pun pamit kepada Ilham untuk meninggalkan lokasi pemakaman dengan ditandai tabur bunga ke pusara Habibie dan Ainun Habibie. [ipg]

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Nasional

KKP Akui Telah Dapatkan Surat Pengunduran Edhy Prabowo

Published

on

Continue Reading

Headline

Tak Ada Orang Gerbong PA 212 di Kepengurusan Baru MUI

Published

on

Continue Reading

Nasional

Ma’ruf Amin Lepas Jabatan di MUI

Published

on

Continue Reading
Loading...