Kader Diduga Korupsi Alkes, Demokrat Siap Lakukan Pembelaan - Realita Rakyat
Connect with us

Daerah

Kader Diduga Korupsi Alkes, Demokrat Siap Lakukan Pembelaan

Published

on

Ketua DPD Partai Demokrat Jawa Barat Irfan Suryanagara. (Foto: Realitarakyat.com/Achmad Ariesmen Herosy)

Bandung, Realitarakyat.com – Ketua DPD Partai Demokrat Jawa Barat Irfan Suryanagara mengaku sudah mendapat informasi terkait IH, kader yang ditahan polisi dengan dugaan korupsi pengadaan alat kesehatan (alkes) di Padang, Sumatera Barat. Meski demikian, belum ada rencana pemecatan terhadap IH dan yang bersangkutan layak mendapatkan bantuan hukum.

“Belum ada (rencana) memecat, karena posisi dia bukan sebagai pengusaha yang menang. Dia hanya pendamping saja,” kata Irfan saat ditemui di DPRD Jabar, Selasa (17/9).

Menurutnya, Demokrat tidak habis pikir dengan langkah pengamanan yang dilakukan polisi di Polresta Padang. Hal itu mengingat IH bukanlah pemenang tender yang disebut telah melakukan tindak pidana korupsi pengadaan alkes.

“Pengusaha pendamping tidak selayaknya dikenakan tindak pengamanan. Sebab dia bukan pihak pertama yang melakukan penggelapan uang. Untuk itu, IH layak mendapatkan bantuan hukum,” ujarnya.

Dia menambahkan dari informasi yang diterimanya, pemenang tender sudah ditahan semua. Oleh karena itu, pihaknya akan menyiapkan bantuan hukum untuk IH. Irfan juga meyakini, kasus itu tidak akan berdampak pada Demokrat.

Dikatakan, saat ditahan IH baru satu bulan menjadi anggota DPRD Kota Bandung periode 2019-2024. Adapun pelantikannya dilakukan pada 5 Agustus lalu.

Walau baru dilantik, IH bukan anggota dewan baru. Sebab pada periode sebelumnya, IH pernah diangkat menjadi anggota dewan pengganti antar waktu (PAW) untuk salah satu anggota dari Partai Demokrat.

Hal senada juga disampaikan Ketua Fraksi Partai Demokrat DPRD Kota Bandung Entang Suryaman. Dia berharap, apa yang dituduhkan kepada IH tidak benar.

“Sehingga yang bersangkutan bisa segera bebas dari penjara, untuk kemudian bertugas kembali sebagai anggota DPRD. Sebab, dia bukanlah pemenang lelang pengadaan alkes tersebut. Dia hanya menjadi pendamping pada saat lelang berlangsung,” tandasnya.[sas]

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Daerah

Gempa Magnitudo 5,7 Guncang Melongulane Sulut

Published

on

Continue Reading

Daerah

Penambang Belerang Tewas Terseret Gelombang Air Kawah Ijen

Published

on

Continue Reading

Daerah

Pasturi Ditangkap Karena Sebarkan Idiolegi Hilafah di Kupang

Published

on

Continue Reading
Loading...