Calon Ibukota Baru 'Dikepung' Asap, Gerindra: Kalau Presiden Kena ISPA Repot - Realita Rakyat
Connect with us

Nasional

Calon Ibukota Baru ‘Dikepung’ Asap, Gerindra: Kalau Presiden Kena ISPA Repot

Published

on

Jakarta, Realitarakyat.com – Penanganan perlindungan hutan yang masih jauh dari harapan, akan sangat beresiko terhadap Ibukota Negara baru.

Begitu pendapat Anggota DPR RI dari Fraksi Gerindra, Bambang Haryo Soekartono saat dihubungi, Rabu (18/9/2019).

Sebab, Kalimantan yang menjadi lokasi baru bagi Ibukota mengalami kebakaran hutan yang cukup dahsyat, dan dinilai akan dapat mengganggu roda pemerintahan nantinya.

“Kalau sistem penangannya hutannya seperti ini, maka sangat rawan terhadap kepentingan Ibukota negara yang baru, pasti akan terganggu kegiatannya, dan kalau kegiatanya terganggu, pasti akan berpengaruh terhadap kegiatan pusat pemerintahan itu sendiri. Karna hampir dikatakan semua pusat pemerintahan dipindahkan ke sana,” kata Bambang

Tidak hanya itu, sambung dia, selain kebakaran hutan, bencana banjir pun diprediksi akan menjadi permasalahan lanjutan yang nantinya akan mengganggu jalannya pemerintahan mendatang.

“Setelah terjadi kebakaran, maka sangat rawan terjadinya banjir, dan banjir yang terbesar dan terlama itu ada di wilayah Ibukota baru itu, loh. Ini perlu menjadi pertimbangan Pak Jokowi,” kata anggota komisi V DPR RI itu.

“Jadi Ibukota baru tidak cocok untuk menjadi pusat pemerintahan, karena itu wilayah banjir terbesar. Nah, kalau sekarang ini terbakar, kemungkinan bajir akan menjadi lebih besar lagi,” kata dia.

Ia pun tidak memungkiri, bila Ibukota negara baru juga akan mengganggu kesehatan perpapasan Presiden, termasuk para pembantunya nantinya, akibat kabut asap yang dihasilkan dari kebakaran hutan.

“Iya, kalau presidennya kena ISPA kan jadi repot semua. Sehingga produktifitas kerjanya akan menurun, dan ini berbahaya terhadap pengelolaan ekonomi, berbahaya secara sosial politik juga. Karena menjadi lemah,” kata dia.

“Kalau pusat pemerintah lemah, maka negara-negara yang tidak suka dengan kita maka akan sangat mudah mengalahkan kita. Dan ini menjadi preseden buruk bagi Indonesia kalau kemudian pusat pemerintahnnya lumpuh. Sekarang masih untung pusat pemerintahnnya di Jawa, sehingga tidak dapat dilumpuhkan oleh asap,” katanya. [ipg]

1 Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Nasional

Wamenlu: Indonesia harus Manfaatkan Krisis COVID-19 untuk Lakukan Reformasi

Published

on

foto: ist/net
Continue Reading

Nasional

Istana Terapkan Adaptasi Kebiasaan Baru di Tengah Pandemi COVID-19

Published

on

foto: ist/net
Continue Reading

Nasional

Jokowi Minta Tingkatkan Uji Spesimen dengan Gunakan Teknologi

Published

on

foto: ist/net
Continue Reading
Loading...