KPU Siapkan Formula Anti Money Politics di Pilkada 2020 - Realita Rakyat
Connect with us

Ragam

KPU Siapkan Formula Anti Money Politics di Pilkada 2020

Published

on

Komisioner KPU RI, Viryan (foto: ist)

Jakarta, Realitarakyat.com – Pemilihan kepala daerah (Pilkada) beberapa bulan lagi agendanya akan dilaksanakan. Sejumlah kajian pun sedang diformulasikan agar pelaksanaan proses demokrasi tersebut tidak dinodai dengan kecurangan-kecurangan.

Seperti salah satunya soal money politics yang marak dalam setiap pemilihan. Hal tersebut menjadi sorotan Komisi Pemilihan Umum Republik Indonesia (KPU RI), sedang menyusun beberapa program salah satunya meminta kepada semua peserta Pilkada untuk secara transparan melaporkan semua hal terkait keuangan mulai dari dana kampanye hingga laporan harta kekayaan.

Hal itu disampaikan Komisioner KPU RI, Viryan dalam keterangannya di Jakarta, Rabu (18/9/2019).

“Terkait money politics, apapun modelnya itu harus disampaikan secara transparan, sehingga masyarakat tahu sekaligus jeli siapa yang jujur arau tidak. Bisa saja melaporkan anggaran kampanye kecil ternyata main money politic door to door. Hal itukan bisa menjadi tanda tanya,” kata Viryan.

Lanjut Viryan menjelaskan terkait manajemen kampanye, tim kampanye dan dana kampanye, dirinya menai penting adanya Penegakkan Hukum Terpadu (Gakumdu) terkait media sosial, tim damai seperti di debat capres dan patroli tim siber dari pihak berwajib.

Melihat itu semua, Viryan menuturkan pihaknya akan menjalin kerjasama dengan institusi lembaga negara lainnya yang memiliki kewenangan agar kontestasi demokrasi pilkada berlangsung dengan optimal.

“Hasil pemilihan kepala daerah bisa jadi belum sesuai dengan kebutuhan masyarakat, misalnya ada kue A yang sudah kadaluarsa, Kue B yang beracun dan kue C yang masih bagus, maka logikanya kue C yang seharusnya terpilih, tetapi karena ada hoaks, bisa saja yang menang kue A atau B. Untuk itu penting bagi masyarakat untuk bisa mengenali semuanya sejak dini itulah transparan yang dimaksud,” pungkas Viryan. (ndi)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Ragam

Bukan Legeslatif, Ormas Ini Tidak Terima Lantaran Tidak Dilibatkan, Pengesahan UU Minerba

Published

on

Continue Reading

Ragam

KSAU Marsekal TNI Fadjar Prasetyo Pimpin Sertijab Sejumlah Pejabat Baru TNI AU

Published

on

Continue Reading

Ragam

Tito karnavian : JIka Hanya Makan Bersama Saat Lebaran Bukan Pelanggaran PSBB

Published

on

Continue Reading
Loading...