Penambahan Pimpinan Dewan hanya Boroskan Anggaran - Realita Rakyat
Connect with us

Daerah

Penambahan Pimpinan Dewan hanya Boroskan Anggaran

Published

on

Bandung, Realitarakyat.com – Pengamat politik Universitas Parahyangan, Asep Warlan menilai, penambahan kursi pimpinan di DPRD Jawa Barat tidak efektif dan memboroskan anggaran.

Menurut Asep, hal ini akan berdampak terhadap pengeluaran anggaran, untuk fasilitas dan tunjangan. Mengingat, tunjangan dan fasilitas pimpinan dewan akan berbeda besarannya dibandingkan dengan anggota biasa.

“Lebih efektif lima, semua fraksi terwakili,” katanya, saat dihubungi via telepon selularnya, Rabu (18/9/2019).

Kalau ditambah, jelas Asep kembali, akan menjadi tidak efisien, karena ada anggaran yang harus ditambah, yakni tunjangan dan fasilitas. “Jadi hemat saya lima saja sudah cukup,” tegasnya.

Untuk tingkat DPRD Provinsi, komposisi satu ketua dan empat wakil sudah cukup mewakili semua fraksi yang ada di DPRD Jabar saat ini.

Dasarnya, berdasarkan perhitungan lima partai peraih suara tertinggi yang mendapatkan kursi pimpinan dewan.

Anggota DPRD Jabar dari Fraksi Partai Demokrat, Irfan Suryanagara mengatakan usulan penambahan kursi pimpinan merujuk pada PP No. 12 tahun 2018 tentang Pedoman Penyusunan Tata Tertib DPRD Provinsi, Kabupaten dan Kota.
Disebutkan, dalam PP No.12 tersebut, kata Irfan, ada penjelasan bila jumlah anggotanya 30-44 orang maka jumlah pimpinan dewannya, 3 orang, bila jumlah anggota dewannya 45-84 orang, maka jumlah pimpinannya 4 orang, dan jumlah anggota 85-100 orang, jumlah pimpinannya 5 orang.

“Lantas, kalau 100 lebih, apalagi sampai 120 orang, apakah tetap 5 orang pimpinan dewan?” tanya Irfan yang juga menjabat sebagai Ketua DPD Partai Demokrat Jawa Barat.

Untuk itu, Fraksi Demokrat mengingatkan pada anggota dewan, jangan sampai keputusan yang akan dibuat nanti melanggar aturan.

“Kalau sekarang jumlah pimpinannya tetap 5 orang, yang 20 anggota lainnya mau di apain. Karena aturannya, sudah seperti itu, 5 pimpinan itu anggotanya hanya 85-100,” katanya. (ndi)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Daerah

Gempa Magnitudo 5,7 Guncang Melongulane Sulut

Published

on

Continue Reading

Daerah

Penambang Belerang Tewas Terseret Gelombang Air Kawah Ijen

Published

on

Continue Reading

Daerah

Pasturi Ditangkap Karena Sebarkan Idiolegi Hilafah di Kupang

Published

on

Continue Reading
Loading...