Bawaslu Ajak Masyarakat Tekan Korupsi dan Politik Uang dalam Pilkada - Realita Rakyat
Connect with us

Pilkada 2020

Bawaslu Ajak Masyarakat Tekan Korupsi dan Politik Uang dalam Pilkada

Published

on

Ketua BAwaslu RI Abhan. (Foto: Ist/Net)

Jakarta, Realitarakyat.com – Untuk menciptakan kontestasi demokrasi yang maksimal dan menangkal korupsi serta politik uang, Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) siap membangun kerjasama dengan semua pihak. Hal itu untuk meningkatkan fungsi kontrol tersebut.

“Ada hubungan pemberantasan korupsi dengan politik uang. Korupsi tak bisa diberantas, kalau tidak dimulai dari proses politik,” kata Ketua Bawaslu Abhan, Minggu (22/9).

Menurutnya, Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak 2020 akan digelar dalam beberapa bulan lagi. Dalam pesta demokrasi tersebut, banyak hal yang menjadi tantangan.

“Salah satunya soal politik uang yang potensial terjadi. Bilamana diawasi, maka diharapkan menghasilkan kepala daerah yang jujur dan bebas dari korupsi. Jadi, jadi mari kita awasi bersama,” ujarnya.

Dikatakan, memaksimalkan gerakan anti politik uang pada gelaran Pilkada Serentak 2020 penting untuk dilaksanakan. Sebab, pilkada yang digelar di 270 daerah (sembilan provinsi dan sisanya di tingkat kabupaten/kota,) perlu memilih kepala daerah yang berintegritas.

“Politik uang adalah hal yang paling meresahkan. Oleh karena itu, hal ini harus menjadi fokus utama. Bukan hanya soal saat menjabat, tetapi langkah awal para calon pemimpin memang harus memiliki integritas yang baik pula,” tandasnya.[sas]

 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Pilkada 2020

Respon Perludem Terkait Putusan Penyelenggaraan Pilkada 2020 

Published

on

Continue Reading

Pilkada 2020

Pilkada Saat pandemi, Penantang Petahan Percuma Maju Petaha Pasti Akan Menang

Published

on

Continue Reading

Pilkada 2020

KPU Ajukan Tambahan Anggaran Pilkada Sebesar Rp 535,9 miliar Untuk Beli APK

Published

on

Continue Reading
Loading...