Connect with us

Nasional

Ini Poin Strategis yang Ada di UU Pesantren

Published

on

Ketua Komisi VIII, Ali Taher Parasong

Jakarta, Realitarakyat.com – Apa saja poin-poin strategis dalam peraturan Undang-undang Pesantren di depan forum Paripurna, yang digelar, Selasa (24/9/2019).

Poin-poin tersebut diantaranya mengenai Panja RUU Pesantren telah melakukan perubahan nama dari awalnya bernama RUU tentang Pesantren dan Pendidikan Keagamaan menjadi RUU Pesantren.

Selain itu, RUU Pesantren turut mengatur dana abadi pesantren tetap menjadi bagian dari dana pendidikan. Tak hanya itu, proses pembelajaran pesantren memiliki ciri yang khas, dimana ijazah kelulusannya memiliki kesetaraan dengan lembaga formal lainnya dengan tetap memenuhi jaminan mutu pendidikan.

Panja RUU Pesantren juga sudah menyerap berbagai aspirasi masyarakat dalam menyusun peraturan tersebut melalui mekanisme rapat dengar pendapat. Salah satunya mengundang seluruh perwakilan ormas Islam dan perwakilan pesantren yang ada di Indonesia.

“Seluruh aspirasi sudah kami tampung, termasuk usul dari Muhammadiyah,” kata Ketua Komisi VIII, Ali Taher Parasong.

Sementara, perwakilan Ikatan Alumni Pesantren Raudhatul Hasanah, Zakaria Husein Lubis, mengucapkan rasa syukur atas pengesahan UU tersebut.

“Alhamdulillah, dengan RUU Pesantren ini semoga tidak ada lagi diskriminasi khususnya dalam alokasi dana. Tidak ada perbedaan adanya sekolah umum dan sekolah agama,” ujar Zakaria.

Terlebih sejak 2003 dengan adanya UU Sistem Pendidikan Nasional, pesantren menjadi terdiskriminasi khususnya dalam hal anggaran.

Zakaria berharap ke depan santri lebih kreatif dengan adanya alokasi dana tersebut dan santri-santri tidak minder dengan anak sekolah umum. (ndi)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Headline

SBY: Siapa Pun Presidennya, Agenda Bilateral RI-AS Tetap Luas

Published

on

Continue Reading

Headline

Humas Polri Dorong Pemantapan Menejemen Media dalam Mewujudkan Kamtibmas Kondusif

Published

on

Continue Reading

Headline

Jiwasraya Disuntik Modal Rp20 Triliun, Politisi PKS Mardani Ali Sera Soroti Langkah Pemerintah

Published

on

Continue Reading
Loading...