Connect with us

Daerah

Wartawan di Manggarai Gelar Aksi Solidaritas

Published

on

Forum Jurnalis Manggarai, NTT gelar aksi solidaritas untuk sikapi kekerasan terhadap wartawan. (Foto: Realitarakyat.com/Efrenitus P)

Realitarakyat.com – Puluhan wartawan media elektronik, cetak dan online yang tergabung dalam Forum Jurnalis Manggarai, Nusa Tenggara Timur, menggelar aksi solidaritas untuk menyikapi kekerasan terhadap wartawan. Para demonstran melakukan aksi di halaman Mbaru Wunut, Ruteng, Kabupaten Manggarai pada Sabtu (28/9)

Aksi tersebut terkait tindakan pihak kepolisian, yang menetapkan jurnalis investigasi Dandy Laksono sebagai tersangka. Selain itu juga beberapa kejadian yang menimpa wartawan di sejumlah kota di Indonesia saat melakukan aktivitas jurnalistik.

Pada kesempatan tersebut, koordinator aksi solidaritas Johanes Manasye mengatakan, saat ini, pers secara nasional dalam kondisi terancam. Apalagi diketahui bahwa RKUHP akan membatasi kebebasan pers.

“Aksi penangkapan jurnalis investigasi Dandy oleh pihak kepolisian adalah bentuk kriminalisasi terhadap pekerja media. Kami jurnalis Manggarai mendesak polisi untuk membebaskan Dandy,” tukas wartawan Metro TV itu.

Dalam kesempatan itu, demonstran juga menolak Rancangan Kitab Undang-undang Hukum Pidana (RKUHP). Menurut mereka, RKUHP ini akan berpengaruh pada kebebasan pers.

Karenanya, demonstran juga mendesak pencabutan pasal-pasal yang mengebiri pers nasional dalam RKUHP. Karena hal tersebut jelas telah melanggar UU nomor 40 tahun 1999 tentang kebebasan pers.

Dari pengamatan realitarakyat.com, puluhan wartawan juga membawa sejumlah atribut yang berisikan seruan kebebasan pers. Antara lain bertuliskan  ‘Pers Tak Bisa Dimatikan,’ ‘Stop Kriminalisasi Wartawan,’ ‘Save Journalist,’ ‘Kami Kawan Bukan Lawan,’ dan ‘Awal Orde Baru Muncul Lagi.’[sas]

 

 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Daerah

Di Cianjur-Jabar, kuota CPNS dokter spesialis-disabilitas tak terisi

Published

on

Continue Reading

Daerah

Pertimbangan Kondisi Perusahaan, UMP Sulbar Tidak Naik

Published

on

Continue Reading

Daerah

Jonas Salean Tersangka, Yanto Ekon : Tanah Itu Bukan Milik Pemkot Kupang

Published

on

Continue Reading
Loading...