Demo Berlanjut, Dunia Usaha Terdampak - Realita Rakyat
Connect with us

Ekonomi

Demo Berlanjut, Dunia Usaha Terdampak

Published

on

Ilustrasi aksi demonstrasi berkelanjutan, yang dikhawatirkan menganggu perekonomian. (Foto: Ist/Net)
image_pdfimage_print

Realitarakyat.com – Aksi demonstrasi yang terjadi di Jakarta dan beberapa daerah dalam dua minggu terakhir, belum terlalu berdampak pada dunia usaha. Namun jika aksi tersebut berkelanjutan, maka bisa berdampak pada dunia usaha bahkan iklim investasi.

”Pengusaha berharap pihak kepolisian bisa mengamankan kondisi dan mencari tahu siapa yang mendalangi demo anarkis tersebut,” kata Ketua Umum Gabungan Pengusaha Makanan dan Minuman Seluruh Indonesia (Gapmmi) Adhi S Lukman, Selasa (1/10).

Menurutnya, untuk saat ini demo yang dilakukan masih belum berpengaruh. Akan tetapi jika dilakukan terus menerus sampai sebulan, tentu akan berdampak pada dunia usaha.

“Investor asing sangat sensitif terhadap keamanan. Mereka paling memprioritaskan keamanan sebelum berinvestasi, karena mereka tidak mau bisnis terganggu akibat aksi demo,” ujarnya.

Maka dari itu, pengusaha menyerahkan semuanya kepada pihak kepolisian agar tetap menjaga keamanan. Karena jika kondisi ricuh dan tidak terkendali, maka bisa saja investor asing menahan atau membatalkan rencana bisnisnya di Indonesia.

“Indonesia negara demokrasi. Akan tetapi aksi demo juga harus dibatasi jangan berkelanjutan, karena menganggu aktivitas masyarakat dan menghambat transportasi seperti Busway untuk beroperasi,” tandasnya.

Dia menambahkan, pengusaha menyesalkan aksi demo anarkis yang merusak jalan dan jembatan. Karena, fasilitas tersebut adalah milik publik yang tidak seharusnya dirusak.[sas]

 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Ekonomi

BPK Sebut Tahun Lalu Ada Potensi Kerugian Negara Capai Rp4,15 Triliun

Published

on

Continue Reading

Ekonomi

OJK Kumpulkan 15 Bank Bahas Soal Revisi RBB Lebih Optimistis

Published

on

Continue Reading

Ekonomi

BRI Akan Kucurkan Kredit Rp11,2 Triliun dari Simpanan Pemerintah

Published

on

Continue Reading
Loading...