Connect with us

Hukum

RUU PKS Diharapkan Masuk Prolegnas 2020  

Published

on

Ketua Komisi Nasional (Komnas) Perempuan, Azriana. (Foto: Ist/Net)

Realitarakyat.com – Legislator terpilih periode 2019-2024 telah diangkat sumpah dan dilantik menjadi anggota DPR selama lima tahun mendatang. Sejumlah harapan  dan impian dari sejumlah elemen masyarakat pun mulai berdatangan.

Salah satunya datang dari aktivis sekaligus Ketua Komisi Nasional (Komnas) Perempuan, Azriana. Dia meminta Badan Legislasi DPR RI 2019-2024 untuk menetapkan Rancangan Undang-Undang Penghapusan Kekerasan Seksual (RUU PKS), masuk dalam Program Legislasi Nasional Prioritas Tahun 2020.

“Komnas Perempuan mendesak DPR RI periode yang baru untuk menetapkan RUU PKS yang ditunda, masuk dalam Prolegnas Prioritas Tahun 2020,” katanya, Selasa (1/10).

Dia juga mendorong Badan Musyawarah DPR periode baru menetapkan RUU PKS dibahas oleh panitia khusus lintas komisi. Hal itu dikarenakan isu kekerasan seksual bukan semata isu perempuan.

“Melainkan isu lintas sejumlah komisi terkait. Penundaan pengesahan RUU PKS jelas berdampak pada berlanjutnya kerentanan masyarakat terhadap kekerasan seksual, terhambatnya pemulihan dan pemenuhan rasa adil korban,” ujarnya.

Penundaan itu juga membuat menguatnya impunitas pelaku kekerasan seksual. “Jangan sampai ini meningkat, langkah penanggulangan harus segera dilakukan,” tandasnya.[sas]

 

 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hukum

Mantan Anggota DPRD NTB Cabuli Anak Kandung, LPSK Ingatkan Polisi Korban Berhak atas Restitusi

Published

on

Continue Reading

Hukum

Kata KPK, 65 Terpidana Korupsi Ajukan PK ke MA

Published

on

Continue Reading

Headline

Komnas HAM Yakin Mahkamah Internasional Tak Akan Proses Kasus Penembakan Laskar FPI

Published

on

Continue Reading
Loading...