Connect with us

Nasional

Bawaslu Antisipasi Pelanggaran Pilkada

Published

on

Anggota Bawaslu RI Fritz Edward Siregar. (Foto: Ist/Net)

Realitarakyat.com – Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) RI telah mengantisipasi proses Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada), yang diprediksi akan sarat dengan sejumlah pelanggaran. Antara lain adanya kekerasan serta intimidasi.

“Potensi pelanggaran lainnya yaitu politik identitas, kampanye hitam, tempat pemungutan suara rawan dan politik uang,” kata anggota Bawaslu Fritz Edward Siregar, Minggu (6/10).

Menurutnya, politik uang adalah hal yang paling sering terjadi dalam pilkada. Baik dilakukan secara langsung atau terang-terangan. Ada juga terjadi dimana politik uang tidak diberikan saat hari pemungutan suara.

“Tetapi diberikan sebelum hari pemungutan atau setelahnya. Potensi pelanggaran selanjutnya adalah pemalsuan dokumen, penggunaan fasilitas negara, dan kampanye diluar jadwal,” ujarnya.

Atas banyaknya potensi pelanggaran saat pilkada tersebut, Fritz mengimbau masyarakat ikut berperan serta. Khususnya dalam mengawal pilkada di daerahnya masing-masing.

“Pasalnya, pilkada merupakan sarana pelaksanaan kedaulatan rakyat. Sehingga, demi kesuksesan pilkada perlu dukungan berbagai pihak,” tandasnya.[sas]

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Headline

Habib Rizieq Dikabarkan Kabur dari RS Ummi Sabtu Malam

Published

on

Continue Reading

Headline

Menko Polhukam Mahfud Benarkan MIT Dalangi Teror Sigi

Published

on

Continue Reading

Headline

Habib Rizieq Tolak Publikasikan Hasil Swab Covid-19

Published

on

Continue Reading
Loading...