Nah Loh...!!! Pemda Malaka Diam-diam Serahkan Mobil ke Polres dan Kejari Belu, Anggota DPRD: Itu Namanya Gratifikasi - Realita Rakyat
Connect with us

Daerah

Nah Loh…!!! Pemda Malaka Diam-diam Serahkan Mobil ke Polres dan Kejari Belu, Anggota DPRD: Itu Namanya Gratifikasi

Published

on

Anggota DPRD Kabupaten Malaka, Krisantus Yulius Seran
image_pdfimage_print

Realitarakyat.com – Anggota DPRD Kabupaten Malaka, Krisantus Yulius Seran, mempertanyakan penyerahan mobil ke Polres Belu dan Kejaksaan Negeri Belu oleh Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Malaka. Pasalnya, mobil dinas untuk kedua lembaga itu, tidak melalui pembahasan di DPRD.

Namun demikian, dia mengatakan, ada pembahasan terkait mobil dinas, hanya saja diperuntukan bagi salah satu dinas teknis di Kabupaten Malaka, dan bukan untuk Polres Belu atau pun Kejaksaan.

Pernyataan tersebut, dikemukakan Krisantus, saat dikonfirmasi wartawan, Minggu (6/10/2019).

mengaku bahwa penyerahan mobil ke Polres Belu dan Kejaksaan Negeri Beku oleh Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Malaka, tanpa melalui pembahasan di DPRD.

“Tidak ada pembahasan untuk berikan mobil kepada Polres Belu maupun Kejaksaan Negeri belu. Yang ada itu pengadaan mobil untuk beberapa dinas teknis. Tapi pelaksanaannya, mobil dinas tersebut diserahkan untuk Polres Belu,” katanya.

Ditegaskan Krisantus, penyerahan mobil untuk Polres Belu, diduga telah menyalahi aturan yang berlaku, karena tidak dilakukan melalui pembahasan dengan DPRD. Apalagi, pengadaan mobil dinas untuk kedua lembaga itu, tidak dianggarkan oleh Pemda Kabupaten Belu.

Dirinya menduga bahwa pemberian mobil kepada Polres Belu dan Kejaksaan Negeri setempat, untuk menutupi sesuatu hal yang terjadi pada tubuh Pemda Kabupaten Malaka.

“Saya mau bilang, kalau pemberian mobil kepada Polres Belu dan Kejari Belu itu untuk menutupi suatu masalah di Pemda Kabupaten Malaka,” tegas Krisantus.

Krisantus kembali menegaskan bahwa hibah dua unit mobil kepada Polres Belu dan Kejari Kabupaten Belu tidak ada sama sekali, bahkan tidak pernah dibahas dalam tingkat DPRD Kabupaten Malaka.

Ditegaskannya, hal tersebut bisa disebut bahwa ini merupakan gratifikasi dari Pemda Kabupaten Malaka kepada pihak Polres dan Kejari Kabupaten Belu. Pasalnya, peruntukan mobil tersebut bukan pada tempatnya.

Secara terpisah, Kajari Kabupaten Belu, Alfons Loemau, ketika dihubungi wartawan, mengakui bahwa ada pemberian mobil jenis rush berwarna merah kepada Kejari Kabupaten Belu.

“Iya ada pemberian mobil jenis Rush berwarna merah yang diberikan Pemda untuk Kejari Kabupaten Belu yang digunakan untuk kegiatan operasional,” akui Alfons.

Dijelaskan Alfons, pemberian mobil oleh Pemda Kabupaten Malaka, bertujuan untuk membantu kegiatan Kejari Kabupaten Belu karena wilayahnya yang begitu luas.

Kapolres Belu, AKBP Christian Tobing ketika dikonfirmasi melalui HP selulernya terkait penyerahan mobil, tidak ada jawaban.

Sama halnya dengan Bupati Malaka, dr. Stef Bria Seran ketika dikonfirmasi melalui HP selulernya, yang bersangkut tidak menjawab. (ndi)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Daerah

Mayat ABK Indonesia Ditemukan di Cold Storage Kapal China, Diduga Dianiaya dan Disiksa

Published

on

Continue Reading

Daerah

Aksi Tolak Reklamasi Pantai Ancol Ricuh, Massa dan Polisi Saling Dorong

Published

on

Continue Reading

Daerah

Waspada, Bocah di Depok Nyaris Diculik dengan Tisu Bius

Published

on

Ilustrasi / Net
Continue Reading
Loading...