Connect with us

Daerah

Tahun 2020 NTB Targetkan Kunjungan 4,5 Juta Wisatawan

Published

on

Realitarakyat.com – Kegiatan simposium yang dilaksanakan Dinas Pariwisata Propinsi NTB, Rabu (9/10) di Mataram, menargetkan 4,5 juta wisatawan akan berkunjung di daerah NTB pada tahun 2020.

Target tersebut bukan tidak mungkin bisa tercapai, mengingat NTB yang terkenal dengan daerah tujuan pariwisata selain Bali, memiliki destinasi beragam, terlebih adanya Bandara Internasional Lombok, serta pembangunan KEK Mandalika dan MottoGP.

Wakil Gubernur NTB Hj. Siti Rohmy Jalilah, dalam sambutanya mengatakan, pariwisata NTB merupakan tanggung jawab bersama, baik pemerintah provinsi maupun kabupaten/kota.

“Destinasi wisata bukan hanya tugas pemerintah provinsi akan tetapi tugas kabupaten/kota,” tegas Wagub NTB.

Dikatakan Wagub, target 4,5 juta wisatawan, merupakan target ideal, mengingat pariwisata NTB pada saat ini masih dalam tahap pengembangan. Oleh sebab itu, seluruh aspek perlu menjadi pusat perhatian untuk memajukan pariwisata di NTB.

Selain itu, Wagub menekankan, kebersihan dan lingkungan pariwisata harus dijaga. Sebab kebersihan menjadi aspek penting, sebab percuma destinasi wisata kita indah, akan tetapi lingkungan kita kotor. “Kebersihan lingkungan dan tempat wisata harus selalu di jaga,” sebutnya.

Selain itu, Rohmi Jalilah, juga menyampaikan tentang konsep ‘halal tourism’ yang sudah menjadi icon NTB di tingkat nasional, bahkan Internasional.

“Kita NTB, merupakan ‘Pulau Seribu Masjid’, ikon tersebut harus kita letakkan di hati sanubari kita agar sejalan dengan pembangunan pariwisata kita di NTB. Oleh karenannya, target kita adalah kita akan jadikan NTB menjadi destinasi halal tourism nomor wahid di Indonesia,” sebut Rohmi.

Guna mewujudkan kesemunya itu, target pemerintah provinsi tersebut, terdapat dua konsep wisata yang akan dikembangkan oleh pemerintah Provinsi NTB, yakni ‘green dan zero waste’.

Pengembangan pariwisata di NTB, merupakan bagian dari konsep NTB Gemilang yang di usung oleh Zul-Rohmi, gemilang yang dimaksud adalah NTB harus bangkit dan aman, NTB mesti bersih dan melayani, NTB harus sehat dan cerdas, asri dan alami, sejahtera dan mandiri serta adil dan berkah.

Sementara itu Kepala Dinas Pariwisata NTB H Faozal, mengakui pasca NTB di landa bencana Gempa tahun lalu sektor pariwisata mengalami penurunan drastis dari sebelum adanya bencana.

Namun saat ini Pariwisata NTB bangkit kembali dengan meningkatnya angka kunjungan wisatawan baik lokal maupun mancanegara ke berbagai destinasi wisata di NTB.

“Kita patut bersyukur kondisi NTB pulih kembali , dan ini terus akan kita akan pertahankan sehingga program 2020 tercapai,” tegasnya. (ndi)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Daerah

Saksi Mengaku Diberikan Tanah Kapling Oleh Terdakwa

Published

on

Continue Reading

Daerah

KPU Bandung Targetkan Logistik Pilbup Sampai di Kecamatan Pekan Depan

Published

on

Agus Baroya (ist/net )
Continue Reading

Daerah

Kasus Labuan Bajo, Penyidik Kejati NTT Panggil 10 Orang Saksi ke Kupang

Published

on

Continue Reading
Loading...