Connect with us

Politik

Jokowi Harus Pilih ‘Pembantu’ yang Punya Tiga Kriteria Ini

Published

on

Realitarakyat.com – Minimal ada tiga kriteria yang harus dimiliki oleh calon menteri di pemerintahan Presiden RI, Joko Widodo periode kedua.

Usul tersebut diberikan pengamat politik dari Universitas Pelita Harapan Jakarta, Emrus Sihombing saat dihubungi wartawan, Rabu malam (9/10/2019).

Adapun tiga kriteria tersebut yakni, pertama figur yang memiliki integritas tinggi dan kapabel di bidangnya. Kedua, figur yang sudah selesai dengan dirinya sendiri sehingga semua ilmu pengetahuan dan kemampuannya diabadikan untuk negara dan tidak mencari-cari keuntungan pribadi.

Ketiga, figur yang memiliki jiwa kepemimpinan dan pluralis. Dia menaruh harapan besar kepada figur ini, agar dapat memimpin di kementerian dan mencegah potensi munculnya kelompok-kelompok eksklusif.

Sebab, pada saat ini kondisi masyarakat Indonesia cenderung terbentuk kelompok-kelompok ekslusif, baik etnis maupun religi.

“Dengan minimal memenuhi tiga kriteria tersebut, saya optimistis figur yang ditempatkan di setiap kementerian dapat menjalankan tugas-tugasnya dengan baik sebagai menteri,” kata Emrus.

Emrus juga mengusulkan kementerian yang banyak berhubungan dengan publik atau bersifat pelayanan agar menempatkan figur yang memiliki akseptabilitas tinggi dari masyarakat. Misalnya, Menteri Pendidikan, Menteri Kesehatan, Menteri Sosial, dan Menteri Perhubungan.

Bukan hanya pada menterinya, pada beberapa kementerian atau jabatan setingkat menteri, dia juga mengusulkan figur yang profesional, dan tidak direkomendasikan oleh partai politik. Karena, jika direkomendasikan oleh partai politik, maka yang dipilih tidak bisa menjadi figur independen sepenuhnya. [ipg]

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Politik

Kata Golkar, Pam Swakarsa Komjen Listyo Merupakan Bentuk Pelibatan Masyarakat Ciptakan Ketertiban

Published

on

Continue Reading

Politik

PAN Minta Diksi Pam Swakarsa Diganti

Published

on

Continue Reading

Politik

Azis Syamsuddin Berharap Kepemimpinan Biden-Kamala Bawa Dampak Positif Perkembangan Kawasan Indo-Pasifik

Published

on

Continue Reading
Loading...