Connect with us

Pilkada 2020

e-Rekap Maksimalkan Hasil Pilkada 2020

Published

on

Ketua Komisi Pemilihan Umum RI Arief Budiman. (Foto: Ist/Net)

Realitarakyat.com – Pemilihan Kepala Daerah Serentak yang akan  digelar pada 2020 mendatang, dipastikan menerapkan sistem rekap suara elektronik atau yang biasa disebut e-Rekap. Penerapan e-Rekap tersebut untuk memaksimalkan hasil pemilu yang ada.

“Sistem tersebut disiapkan dengan bekerjasama dengan Institut Teknologi Bandung (ITB) untuk membangun sistem rekapitulasi suara berbasis elektronik, Hal itu akan diterapkan pada Pilkada 2020 hingga Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024,” kata Ketua Komisi Pemilihan Umum RI Arief Budiman, Jumat (11/10).

Menurutnya, penerapan e-Rekap selain efisien soal anggaran, waktu yang diperlukan juga lebih singkat. Selain dua manfaat tersebut, tujuan e-Rekap juga menjadi salah satu bukti nyata KPU untuk menunjukkan proses penghitungan suara secara transparan dan akuntabel yang dapat dilihat di sistem jejaring online.

“Proses e-Rekap dilakukan dengan cara mengumpulkan data hasil penghitungan di TPA ke tabulasi data di pusat. Ada tiga opsi yang bisa dilakukan,” ujarnya.

Antara lain seperti mengirim langsung dari TPS, dari tingkat kecamatan atau tingkat kabupaten dan kota. Hasil data yang terkumpul di tabulasi data inilah yang akan dijadikan acuan.

“Diharapkan, hasil dari e-Rekap ini menjadi hasil resmi dalam pemilu. Untuk terdekat, akan diterapkan pada Pilkada 2020. Kami sedang menyiapkan regulasinya,” tandasnya.

Dikatakan, KPU akan mengusulkan e-Rekap untuk bisa disetujui menjadi hasil resmi yang ditetapkan penyelenggaraan pemilu. Sejak 2004-2019, data elektronik hanya informasi, sementara hasil resmi manual.

“Kami ingin ke depan hasil rekap secara elektronik bisa jadi dasar penetapan hasil pemilu resmi,” tegasnya.[sas]

 

 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Headline

Gus Mus: ‘Hanya Pemerintah’ Yakin Pilkada Aman

Published

on

Continue Reading

Headline

Boby Menantu Jokowi, Bobby: Terima Kasih Fahri Hamzah

Published

on

Continue Reading

Headline

Lembaga Survei : Pilkada 2020 di Tengah Pandemi, Golput Diprediksi Meningkat

Published

on

Continue Reading
Loading...