Oligarki Menguat, Demokrasi Hanya Topeng - Realita Rakyat
Connect with us

Politik

Oligarki Menguat, Demokrasi Hanya Topeng

Published

on

Direktur Eksekutif IPR Ujang Komarudin. (Foto: Ist/Net)
image_pdfimage_print

Realitarakyat.com – Berubahnya Partai Gerindra yang sebelumnya menjadi pionir oposisi menjadi pro pemerintah, menunjukkan adanya kesepakatan transaksional politik di dalamnya. Sehingga diramalkan selama lima tahun mendatang, demokrasi di Indonesia hanyalah sebuah istilah atau topeng belaka.

“Pada akhirnya, semua akan menerapkan siapa yang dekat dan dapat menguntungkanlah yang akan terlibat di dalamnya,” kata Direktur Eksekutif Indonesia Political Review (IPR) Ujang Komarudin kepada realitarakyat.com, Minggu (13/10).

Dia menambahkan, demokrasi hanya topeng atau simbol semata. Pembangunan akan dilakukan, namun hanya untuk menjadi alasan bahwa pemerintah terus memperhatikan ekonomi rakyat.

“Tetapi dibalik itu, bisa saja ada kepentingan antar pihak yang sepaham seperti oligarki. Apa yang ditakutkan Prabowo Subianto soal adanya oligarki, justru menjadi beberapa ciri oligarki mulai nampak di Indonesia, “ ujarnya.

“Politik itu kan adalah bagaimana mencapai hal yang dituju untuk meraih kekuasaan dan target yang didambakan. Gerindra sudah mendapat apa yang dituju dan kini lepas dari istilah oposisi,” tandasnya.

Seperti diketahui, istilah oligarki politik menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia adalah pemerintahan yang dijalankan oleh beberapa orang yang berkuasa dari golongan atau kelompok tertentu. Pemerintahan tertinggi bukan dari rakyat keseluruhan, tetapi oleh golongan atau kelompok tertentu.[sas]

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Politik

Prabowo Minta Semua Kader Gerindra Ikut Jaga Ketahanan Pangan

Published

on

Continue Reading

Politik

Prabowo Kembali Menunjuk Muzani Sebagai Sekjen Gerindra

Published

on

Continue Reading

Headline

Prabowo Diminta Maju Lagi Jadi Capres 2024, Sekjen Gerindara : Tergantung Nanti Hasil Pembahasan Menjelang Pilpres

Published

on

Continue Reading
Loading...