Kasus Novel Ujian Sejarah Pemerintahan Jokowi - Realita Rakyat
Connect with us

Hukum

Kasus Novel Ujian Sejarah Pemerintahan Jokowi

Published

on

Novel Baswedan / Net

Realitarakyat.com – Amnesty International Indonesia menyesalkan belum terungkapnya pelaku penyerangan terhadap penyidik KPK, Novel Baswedan hingga kini. Apalagi kasus ini sudah bergulir selama dua tahun dan belum menemui titik terang.

Direktur Eksekutif Amnesty International Usman Hamid mengatakan, kasus Novel akan jadi beban sejarah bagi pemerintah Joko Widodo jika pelakunya tak terungkap.

“Kasus Novel adalah ujian sejarah dari pemerintahan Joko Widodo,” kata Usman dalam diskusi di Cikini, Menteng, Jakarta Pusat, Sabtu (19/10).

Menurutnya, kasus Novel sama dengan kasus pembunuhan aktivis Munir Said Thalib yang belum terungkap di era pemerintahan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. Munir meninggal pada 7 September 2004 silam.

“Jadi jika pemerintahan Presiden SBY memiliki kasus Munir sebagai bagian sejarah, Novel Baswedan adalah ujian sejarah bagi pemerintahan Jokowi sekarang ini,” tegas Usman.

Usman mendesak agar Jokowi membuat tim gabungan pencari fakta (TGPF) independen dibawah koordinasi presiden, agar kasus ini segera terungkap.

“Saya kira hanya dengan tim pencari fakta yang independen yang dibentuk oleh presiden, maka kasus Novel bisa dibuka,” ujarnya.

Novel Baswedan disiram air keras di rumahnya di kawasan Pegangsaan Dua, Kelapa Gading, Jakarta Utara, Selasa (11/4/2017). Sejak Satgas Novel Baswedan dibentuk, sampai sekarang Polri belum menyampaikan perkembangan terbaru kasus penyerangan dengan air keras itu.

Pada 18 Juli 2019, Jokowi sempat menginstruksikan Polri untuk segera mengungkap kasus penyiraman air keras Novel. Jokowi memberi waktu tiga bulan untuk mengungkap kasus itu, namun setelah Satgas Novel bentukan Kapolri Tito Karnavian itu tidak dapat mengungkap pelakunya.[prs]

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hukum

Terkait Dugaan Penyelewengan Dana Bansos, KPK Telah Menerima 118 Laporan

Published

on

Continue Reading

Headline

Nurhadi Ditangkap KPK, Nama Istrinya Hilang Dari Kemenpan RB

Published

on

Continue Reading

Hukum

Adu Tembak di Bekasi, 2 Perampok Minimarket Tewas

Published

on

Continue Reading
Loading...