Banyak Tokoh Parpol Jadi Menteri, Tanda Kematian Demokrasi Indonesia Makin Nyata - Realita Rakyat
Connect with us

Politik

Banyak Tokoh Parpol Jadi Menteri, Tanda Kematian Demokrasi Indonesia Makin Nyata

Published

on

Pengamat Sosial Politik, Bagindo Togar Butar-Butar / Net
image_pdfimage_print

Realitarakyat.com – Sejumlah nama tokoh Partai Politik diisukan masuk ke dalam bursa kabinet Jokowi-Maruf yang akan dilantik dalam beberapa jam lagi.

Nama-nama tersebut ialah Agus Harimurti Yudhoyono, Prabowo Subianto, Ketua PDIP Sulut Olly Dondokambe dan masih ada beberapa nama lagi yang disebut-sebut masuk ke dalam kabinet.

Menanggapi hal tersebut, Pengamat Sosial Politik, Bagindo Togar Butar-Butar menilai bilamana wacana tersebut menjadi kenyataan berarti tanda-tanda kematian demokrasi di Indonesia yang selama ini dibanggakan akan semakin terlihat nyata.

“Yang pertama, semakin kaburnya peran dan tujuan demokrasi untuk memenangkan suatu kompetisi politik justru akan membuat pemenang memiliki absolut kekuatan dan pihak yang kalah, tak sepenuhnya lagi berada di luar sistem (oposisi),” kata Bagindo di Jakarta, Sabtu (19/10/2019).

Kesimpulan yang kedua, lanjut dirinya menjelaskan bila kondisi ini disengaja dan disepakati untuk dijalankan, maka semakin jelas stabilitas politik akan menjadi tujuan kolektif dari pemerintahan yang kelak kembali berkuasa.

“Bila memang benar “dikabulkan” dan terjadi hasrat politiknya masuk dalam jajaran kabinet pemerintahan Jokowi-Maruf Amin, tak lain merupakan bagian atau tahapan “magang” bila kelak jadi penguasa. Hal ini semakin memuluskan peta politik hingga 10 tahun mendatang,” pungkasnya.[prs]

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Politik

Prabowo Minta Semua Kader Gerindra Ikut Jaga Ketahanan Pangan

Published

on

Continue Reading

Politik

Prabowo Kembali Menunjuk Muzani Sebagai Sekjen Gerindra

Published

on

Continue Reading

Headline

Prabowo Diminta Maju Lagi Jadi Capres 2024, Sekjen Gerindara : Tergantung Nanti Hasil Pembahasan Menjelang Pilpres

Published

on

Continue Reading
Loading...