Demokrat: Bukan Partai Pengusung, Tak Etis Gerindra Desak Presiden Umumkan Menteri - Realita Rakyat
Connect with us

Nasional

Demokrat: Bukan Partai Pengusung, Tak Etis Gerindra Desak Presiden Umumkan Menteri

Published

on

politisi Partai demokrat, H Irwan. (foto: ist/net)

Realitarakyat.com — Partai Gerindra mendesak supaya Presiden Joko Widodo segera mengumumkan kabinetnya usai dilantik. Desakan itu disampaikan Ketua DPP Partai Gerindra Habiburokhman.

Desakan tersebut disampaikan agar legislatif dan eksekutif bisa segera bekerja menyelesaikan persoalan-persoalan kerakyatan. Seperti soal kabut asap di berbagai kota, soal Papua, dan terkait penolakan rakyat terhadap beberapa undang-undang.

Tetapi desakan Gerinda itu dinilai tidak tepat, karena partai besutan Prabowo Subianto itu bukan bagian dari partai pengusung Presiden Jokowi di Pilpres.

Untuk itu, anggota DPR Fraksi Demokrat, H Irwan menyarankan agar Gerindra mendoakan dan mendukung pemerintahan Jokowi-Ma’ruf untuk lima tahun ke depan.

“Sebaiknya mari kita doakan dan dukung Jokowi-Ma’ruf bisa melanjutkan pencapaian lima tahun periode sebelumnya. Bagaimanapun tantangan pemerintah ke depan tidak mudah, butuh gotong royong, pikiran dan tindakan seluruh anak bangsa,” kata legislator asal Kaltim ini, kepada wartawan, di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Minggu (20/10/2019).

Menteri kabinet, lanjut dia, sepenuhnya adalah hak prerogatif Presiden. Sehingga tak etis bila Partai Gerindra mendesak atau mendorong agar Presiden Jokowi segera mengumumkan kabinetnya.

“Artinya tetap penentu akhirnya adalah presiden. Jangan paksa atau desak Jokowi untuk segera mengumumkan kabinet,” kata dia.

Terlebih, katanya, jika bicara hak prerogatif presiden, maka sudah dibatasi waktu oleh UU, yaitu pembentukan kementerian dilakukan paling lama 14 hari kerja sejak Presiden mengucapkan sumpah atau janji.

Irwan juga terut mengucapkan selamat dan sukses atas pelantikan Presiden dan Wakil Presiden Republik Indonesia Joko Widodo dan Ma’ruf Amin.

“Semoga dengan semangat optimisme dan persatuan, kita bisa setara dan sejajar dengan bangsa-bangsa maju di dunia,” kata Irwan. (ndi)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Nasional

Ini Syarat Isi Lowongan Jabatan Calon Dirjen Migas ESDM

Published

on

Continue Reading

Nasional

Moeldoko dan Fadli Zon Sepakati Akhiri Dualisme Kepengurusan HKTI

Published

on

Continue Reading

Nasional

Besok Hari Terakhir Program Sensus Penduduk Online 2020

Published

on

Continue Reading
Loading...