Suhu Di Solo Sangat Panas, Ini Kata BMKG - Realita Rakyat
Connect with us

Daerah

Suhu Di Solo Sangat Panas, Ini Kata BMKG

Published

on

Warga Solo dan sekitarnya rasakan suhu lebih panas. (Foto: Ist/Net)

Realitarakyat.com – Masyarakat Solo dan sekitarnya dalam beberapa hari terakhir merasa bahwa suhu udara sangat panas. Bahkan dari layar informasi aplikasi pengukur temperatur udara di gawai, menunjukkan angka mulai 39.

Bahkan terkadang mencapai angka 45 derajat Celcius. Suwarno (55) misalnya. Warga Mojosongo, Solo ini mengeluh cuaca panas dan terik sangat mengganggu aktivitas pekerjaannya yang lebih sering berada di luar ruangan.

“Ini di gawai saja tertulis 43 derajat. Kalau seperti ini terus, mendingan di dalam (ruangan) saja. Enak, lebih adem,” ujarnya, Kamis (24/10/2019).

Menurutnya, cuaca panas ini sudah terasa sejak akhir pekan kemarin. “Biasanya memang panas, tapi tidak sepanas sekarang,” imbuhnya. Menurut Kasi Data dan Informasi BMKG Jawa Tengah, Iis Widya Harmoko mengakui, cuaca beberapa hari terakhir memang lebih panas daripada biasanya.

Karena itu, BMKG telah mengukur suhu dengan peralatan yang tersedia di Bandara Adi Soemarmo. Dia mengatakan, Bandara Adi Soemarmo melakukan pengamatan suhu dan divalidasi dari BMKG, sehingga bisa dipertanggungjawabkan.

“Sayangnya, masyarakat lebih sering menggunakan gawai untuk mengetahui suhu di wilayahnya daripada melihat di situs BMKG. Padahal tampilan suhu gawai kurang bisa divalidasi keakuratannya,” terangnya.

Lebih lanjut Iis menjelaskan, secara klimatologi suhu udara memang paling tinggi terjadi di bulan Oktober. Kondisi ini dianggap wajar dan sudah menjadi fenomena tahunan. Bahkan, di bulan Oktober juga terjadi fenomena hari tanpa bayangan.

BMKG, kata dia, memperkirakan bahwa suhu udara akan turun pada akhir Oktober, sementara hujan diperkirakan mulai turun pertengahan November. “Kemungkinan akhir Oktober suhunya sudah turun, tapi belum turun hujan. Perkiraan kami, pertengahan November baru turun hujan,” tambah Iis.[W Wijanarko/sas]

 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Daerah

Api Melalap Sejumlah Rumah di Cilincing Jakarta Utara

Published

on

Continue Reading

Daerah

Sekdakot Tidore Meninggal Dunia Akibat Covid 19

Published

on

Continue Reading

Daerah

Anies Silaturahmi Virtual Rayakan Lebaran di Tengah COVID-19

Published

on

Continue Reading
Loading...