Connect with us

Ragam

Mau Liburan, Ini Destinasi Pesona Kota Solo

Published

on

Kota Solo / Instagram

Realitarakyat.com – Tak kalah dengan Jogjakarta, kota Solo juga punya destinasi wisata yang tak kalah menakjubkan.

Pesona kesederhanaan dan keindahan alam serta keramah tamahan masyarakat membuat para wisatawan merasa nyaman di Solo.

Ada beberapa tempat wisata di kota Solo yang bisa dikunjungi bareng keluarga maupun teman-teman. Tak prlu khawatir soal jarak dan biaya untuk liburan di kota Solo. Jarak dan biaya liburan di kota Solo ini sangat terjangkau.

Merangkum dari berbagai sumber tempat wisata di kota Solo, Kamis (24/10/2019), ada beberapa rekomendasi wisata kota yang bisa dikunjungi.

1. Keraton Solo Hadiningrat

Keraton Solo Hadiningrat / Instagram

Salah satu tempat wisata yang populer adalah Keraton Solo Hadiningrat. Tempat wisata ini sudah sangat populer dan terkenal di kalangan pelancong lokal hingga mancanegara.

Tempat wisata ini merupakan salah satu saksi sejarah bangsa dari zaman dulu hingga sekarang. Bangunan ini didirikan oleh Susuhunan Pakubawana II pada 1744 sebagai pengganti Istana atau Keraton Kartasura yang telah porak-poranda akibat Geger Pecinan 1743.

Bangunan ini masih difungsikan sebagai tempat tinggal Sri Sunan sekaligus menjadi tempat wisata. Hal ini dikarenakan keraton memiliki berbagai kompleks bangunan.

Kompleks keraton ini dibagi menjadi Alun-alun Lor, Alun-alun Kidul, Sasana Sumewa, Siti Hinggil Lord an Kidul, Kemandungan Lord an Kidul, Sri Manganti Lord an Kidul, Kedaton, serta Kamagangan yang masing-masing memiliki fungsi berbeda-beda.

Di salah satu bagiannya digunakan sebagai museum. Museum ini berisikan benda-benda koleksi peninggalan kerajaan, termasuk berbagai hadiah dari raja-raja Eropa dan juga replika pusaka keratin, kereta kencana serta gamelan.

2. Taman Sriwedari

Taman Sriwedari / Instagram

Selain Keraton ada lagi tempat wisata di kota Solo yang populer dan sarat akan peninggalan selanjutnya adalah Taman Sriwedari.

Tempat wisata ini merupakan kompleks pertamanan yang sudah ada sejak era kepemimpinan Pakubuwana X.

Selain digunakan sebagai lokasi diselenggarakannya hiburan rutin Malam Selikuran. Taman Sri Wedari ini juga telah dijadikan sebagai pusat hiburan, seni, dan budaya bagi masyarakat Solo dan sekitarnya.

Hal ini dikarenakan adanya Gedung Wayang Orang Sriwedari (GWO) yang menjadi tempat pertunjukan wayang orang. Pada bagian dinding atas, bagian kanan dan kiri bangunannya terdapat lukisan besar yang menceritakan eopos Mahabharata bertajuk “Kresno Duto”.

Tempat wisata di Solo selanjutnya adalah Museum Manusia Purba Sangiran. Tempat wisata ini persis berada di kota Solo. Objek wisata sejarah-edukasi arkeologi ini masuk ke dalam situs warisan dunia UNESCO.

Museum seluas 56 hektar ini tak hanya dijadikan sebagai tempat wisata, melainkan juga dijadikan sebagai pusat penelitian oleh arkeolog dari dalam dan luar negeri yang ingin mengetahui kehidupan manusia pada zaman prasejarah. Memang, museum ini banyak koleksinya mulai dari fosil manusia purba hingga fosil binatang purba yang cukup beragam.

3. Pasar Triwindu

Pasar Triwindu Solo / Instagram

Sementara buat pecinta aneka barang antik, kota Solo juga menyediakan Pasar Triwindu. Di pasar ini wisatawan akan menemukan berbagai macam koleksi barang-barang lawas yang antik dengan nilai seni tinggi.

Mulai dari kain batik kuno, lukisan, uang dan koin kuno, ornamen wayang, onderdil otomotif langka, dan lain sebagainya.

Namun, wisatawan juga perlu teliti dan jeli dalam memilih barang antik. Karena tak semua barang antik yang dijual disini dalam kondisi baik.

Selain membayarnya dengan uang tunai, wisatawan juga bisa menukarkan barang antik milikmu juga alias barter.

4. Taman Balekambang

Taman Balekambang Solo / Instagram

Kalian bisa berkunjung ke Taman Balekambang untuk melihat beberapa satwa dan bermain wahana menarik yang ada di sana.

Taman Balekambang berada di Jalan Balekambang No.1, Manahan, Banjarsari, Surakarta, Jawa Tengah.

Taman Balekambang merupakan rumah dari berbagai tanaman langka, seperti kenari, beringin putih, beringin sungsang, serta apel cokelat.

Kalian juga bisa bermain perahu hias di Taman Balekambang, atau bermain dan memberi makan rusa.

5. Bendung Colo

Bendungan Colo / Instagram

Buat kalian yang ingin mencari spot Instagramable, bisa datang ke Bendung Colo. Selain Instagramable, masuknya juga gratis. Memang jaraknya rada jauh dari kota solo, karena secara administratif masuk wilayah Desa Pengkol, Kecamatan Nguter, Sukoharjo.

Mau menuju lokasinya cukup mudah. Ketika melintas di Jalan Raya Solo-Wonogiri dan sudah masuk wilayah Desa Gupit Kecamatan Nguter atau sebelum jembatan perbatasan Sukoharjo-Wonogiri, ambil kiri tepat di simpang tiga.

Lantas, ikuti saja jalan aspal tersebut. Tidak sampai tiga kilometer sudah sampai di Bendung Colo. Langsung masuk saja ke lokasinya dan pilih sendiri tempat memarkirkan kendaraan.

Kalian juga tidak perlu mengeluarkan kocek, pasalnya masuk ke Bendung Colo, gratis, demikian pula untuk parkirnya. Kita hanya membayar jika ingin melepas lapar dahaga di deretan warung makan dan minuman yang berjajar di pinggir aliran bendungan.

Saat sudah masuk lokasi, kita bisa langsung lewat di atas bendungan yang memang menjadi jalur penghubung Pengkol-Sendangijo, Kecamatan Selogiri, Wonogiri. Kita bakal disuguhi view aliran air dari Waduk Gajah Mungkur Wonogiri menuju pintu bendung, sekaligus aliran air yang keluar dari pintu airnya.

Ada lagi yang lebih Instagramable. Turun saja ke bawah pintu air, tepatnya di aliran irigasinya. Tersedia ratusan beton kokoh berbentuk persegi tertata rapi laksana paving di atas air.

Antara beton satu dengan lainnya berjarak kira-kira satu meter. Saat kemarau seperti ini ketika aliran air yang keluar Bendung Colo menyusut, deretan beton yang sebenarnya menjadi pemecah arus air itu terlihat jelas muncul di permukaan. Kalian bisa berdiri di atas beton itu, atau bermain loncat-loncat dari beton satu ke beton lainnya. Tapi mesti hati-hati, jangan sampai terpeleset dan jatuh tercebur. [prs]

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Ragam

6 Tanda Pasangan Anda Selingkuh

Published

on

Continue Reading

Ragam

Komnas HAM Soroti Peningkatan Kasus COVID-19 Selama Masa Kampanye

Published

on

Komisioner Komnas HAM Hairansyah. (ist/net)
Continue Reading

Ragam

Buka Pekan Industri Kreatif Muda, Seskemenkop Apresiasi Soliditas DPD KNPI Jabar

Published

on

Continue Reading
Loading...