Kejagung Tangkap Buronan Kasus Bank Century - Realita Rakyat
Connect with us

Hukum

Kejagung Tangkap Buronan Kasus Bank Century

Published

on

image_pdfimage_print

Realitarakyat.com – Pelarian Stefanus Farok Nurtjahja, buronan kasus pencucian uang Bank Century itu harus berakhir di rumah makan, di kawasan Jakarta, setelah dibekuk tim gabungan intelijen Kejaksaan Agung.

Kabar ditangkapnya Stefanus dibenarkan Kepala Pusat Penerangan Hukum (Kapuspenkum) Kejagung, Mukri saat dikonfirmasi, Rabu (30/10/2019).

Mukri mengatakan jika sang buronan, langsung dibawa menuju ke Lapas Salemba untuk menjalani pidana yang telah dijatuhkan Pengadilan atas perbuatannya tersebut.

Penangkapan, kata dia, berawal dari informasi yang diterima tim intelijen mengenai keberadaan Stefanus di salah satu rumah makan.

Kemudian, Selasa (29/10/2019), tim melakukan penangkapan terhadap yang bersangkutan pada pukul 17.00 WIB.

“Tanpa ada perlawanan,” katanya.

Berdasarkan keterangan yang disampaikan Jaksa Agung Muda Intelijen, Jan S Maringka, Stefanus dinyatakan bersalah berdasarkan Putusan Mahkamah Agung RI Nomor: No. 535 K/Pid.Sus/2014 tanggal 14 Juli 2014. Dia bersama kedua terdakwa lainnya yaitu Raden Mas Johanes Sarwono dan Umar Muchsin.

“Dinyatakan bersalah menerima uang sebesar Rp 1.100.000.000,00 dari Toto Kuntjoro, yang diketahui bahwa uang tersebut berasal dari Robert Tantular yang telah terbukti melakukan tindak pidana, penggelapan, penipuan dan pencucian uang,” kata Marinka dalam keterangan tertulis, Rabu (30/10/2019).

Hakim memvonis enam tahun penjara kepada Farok dan denda sebesar Rp 1 miliar. Namun, sebelum Jaksa sempat melakukan eksekusi terhadap dirinya, Stefanus telah melarikan diri.

Penangkapan terhadap Stefanus merupakan kinerja Program Tangkap Buronan (Tabur 31.1) yang ke-346, sejak program tersebut diluncurkan pada Januari 2018. [ipg]

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hukum

Kejati Sulawesi Benarkan Wali Kota Palu Diperiksa Terkait Dugaan Korupsi

Published

on

Continue Reading

Headline

Saat Rekonstruksi, Tangan Kanan John Kei Mengaku Perintahkan Jika Ada Yang Menghalangi Sikat

Published

on

Polisi melakukan rekonstruksi penyerangan, pengrusakan, dan pembunuhan yang dilakukan oleh kelompok John Kei terhadap kelompok Nus Kei di Tytyan Indah Utama X, Kali Baru, Medan Satria, Kota Bekasi, Senin (6/7/2020). Foto: Wisnu Yusep
Continue Reading

Headline

Inilah Pengakuan Tangan Kanan John Kei: Kalau Ada Anjing-anjing Itu Harus Mati

Published

on

Continue Reading
Loading...