Connect with us

Kesehatan

Kenaikan Iuran BPJS Hanya Tutupi Defisit Hingga 2020

Published

on

Anggota Komisi IX DPR RI Saleh Partaonan Daulay. (Foto: Ist/Net)

Realitarakyat.com – Kenaikan iuran BPJS Kesehatan hanya akan membantu menutupi defisit hingga 2020. Namun kemudian, defisit akan kembali terjadi pada 2021.

“Artinya, jika iurannya dinaikkan pada 2020 maka akan mempu menuntaskan persoalan defisit selama setahun,” kata anggota Komisi IX DPR RI Saleh Partaonan Daulay, Kamis (31/10/2019).

Dikatakan, akan muncul defisit baru pada tahun-tahun berikutnya. Hal itu seiring dengan meningkatnya kualitas pelayanan, jumlah peserta dan banyaknya akses terhadap RS dan fasilitas kesehatan.

“Oleh karena itu, penyelesaian masalah BPJS tidak bisa diselesaikan hanya dengan menaikkan tarif iuran. Sehingga, harus dicari solusi lain termasuk pembersihan data yang tidak sesuai,” ujar Sekretaris Fraksi PAN MPR RI itu.

Dia menambahkan, fraud atau kecurangan yang terjadi dalam penyelenggaraan BPJS dapat dikurangi. Kecurangan dapat terjadi pada penyelenggara, dalam hal ini BPJS, fasilitas kesehatan atau masyarakat.

“Pelayanan kesehatan dari rumah sakit dan fasilitas kesehatan masyarakat lainnya terhadap peserta BPJS belum maksimal. Bahkan banya masyarakat yang mengadu, karena merasa dianaktirikan dan dinomorduakan ketika mendaftar di sebuah RS,” tandasnya.

Menurutnya, hal itu harus dikritisi dan diawasi. Dalam kesempatan itu dia juga meminta agar pemerintah – dalam hal ini Kementerian Kesehatan – untuk melengkapi seluruh kebutuhan fasiltas kesehatan. Apalagi, saat ini jumlah peserta BPJS mendekati angka 203 juta orang dari 260 juta rakyat Indonesia.[sas]

Kesehatan

Indonesia Sumbang 0,85 Persen Kasus Positif COVID-19 Dunia

Published

on

ilustrasi (ist/net)
Continue Reading

Kesehatan

Vaksin Sinovac Penuhi Syarat Dapat Label Halal

Published

on

Vaksin Sinovac (ist/net)
Continue Reading

Kesehatan

Catatan Kamis, Pasien Sembuh COVID-19 di Jakarta Capai 120.287

Published

on

ilustrasi (ist/net)
Continue Reading
Loading...