Connect with us

Pilkada 2020

Bawaslu: Ajukan Cakada Berintegritas

Published

on

Ketua Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu), Abhan. (Foto: Ist/net)

Realitarakyat.com – Ketua Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu), Abhan mengimbau  agar partai politik (parpol) mengajukan calon kepala daerah yang tidak hanya sekadar memiliki visi misi yang bagus. Akan tetapi juga  punya integritas tinggi dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak 2020.

“Calon yang punya integritas tinggi sangat kecil peluangnya untuk berbuat korupsi ketika sudah menjabat. Karena, percuma memiliki visi misi bagus, tapi rendah integritasnya,” kata Abhan, Minggu (3/11/2019).

Menurutnya, peserta pemilu harus taat dan patuh kepada aturan main yang telah ditentukan oleh penyelenggara pemilu. Terutama, terkait larangan politik uang atau politik transaksional.

“Bawaslu tidak segan akan menindak peserta pilkada yang membandel. Terlebih dalam UU Nomor 10 Tahun 2016 tentang Pemilihan Gubernur, Bupati, dan Walikota, Bawaslu memiliki kewenangan untuk menindak,” ujarnya.

Sehingga, pemberi dan penerima sama-sama bisa dihukum. Berbeda dengan pilpres dan pileg yang dihukum hanya pemberi. Abhan mengakui, hingga sekarang persoalan politik uang masih menjadi catatan kelam pesta demokrasi dan belum bisa diberantas tuntas.

“Untuk itu, Bawaslu terus berupaya untuk memberantas praktik jual beli suara yang lazim terjadi dalam pesta demokrasi.Kami tidak berdiam diri. Kami akan bekerja keras meminilisir terjadinya praktil politik uang dalam kehidupan demokrasi di Indonesia,” ungkapnya.

Menurutnya, masyarakat harus berani menolak setiap pemberian dari para peserta pemilu. Jika dilakulan maka akan mempersempit upaya peserta pemilu yang ingin membeli suara pemilih dengan cara memberi iming-iming sejumlah uang.

“Masyarakat menjadi kunci. Maka jadilah pemilih yang berintegritas dengan tidak mudah menggadaikan suara demi sejumlah uang,” tandas mantan Ketua Bawaslu Jawa Tengah itu.[sas]

 

 

 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Headline

Emerson Sihombing : Paslon kepala daerah harus berikan contoh protokol kesehatan

Published

on

Continue Reading

Headline

KPU : 96 Persen Kampanye Pilkada Masih Tatap Muka

Published

on

Continue Reading

Pilkada 2020

Akademisi Ingatkan Peserta Pilkada Perlu Optimalkan Kampanye Daring

Published

on

Continue Reading
Loading...