Connect with us

Daerah

Dua Tahun Tersimpan, Dana Jampersal Tak Akan Hangus

Published

on

Direktur RSUD SoE dr Ria Tahun. (Foto: Ist)

Realitarakyat.com – Jumlah dana Jaminan Persalinan (Jampersal) RSUD SoE, Timor Tengah Selatan, Nusa Tenggara Timur untuk jasa tenaga medis yang tersimpan, sudah  lebih dari dua tahun di rekening bank. Dana Jampersal berupa Dana Alokasi Khusus (DAK) non fisik itu, sampai sekarang tersimpan di rekening RSUD SoE di Bank NTT dan tidak akan hangus.

“Dana tersebut ada sejak tahun 2017, 2018 hingga Mei 2019. Yakni dengan jumlah  dana yang tersimpan mencapai Rp 1,673.862.268. Untuk tahun 2107, dana yang diklaim dari dinas kesehatan dan disimpan ke rekening RSUD SoE sebesar Rp 499.375.968.” kata Direktur RSUD SoE dr Ria Tahun, Sabtu (2/11/2019).

Hal itu dikatakannya saat rapat pembentukan panitia penyusunan draft Peraturan Bupati tentang pengelolaan dana Jampersal di aula RSUD SoE. Menurutnya, untuk tahun 2018 sebesar Rp 702.429.800.

“Namun klaim untuk bulan Januari, Februari, Maret dan Desember tidak dibayar Dinas Kesehatan Kabupaten TTS. Ada beberapa bulan di tahun 2018 yang klaimnya tidak dibayar Dinkes,” ujarnya.

Sementara untuk klaim bulan Januari hingga Mei tahun 2019 yang dibayar Dinkes, dananya  sementara tersimpan di rekening RSUD SoE sebesar Rp 57.404.100. Dia mengakui,  ada keuntungan yang didapat dari tersimpannya dana itu di bank.

“Yakni ada bunga bank dan hasil  bunga bank dari simpanan tersebut masuk dalam Pendapatan Asli Daerah (PAD) RSUD SoE. Adapun PAD RSUD SoE yang dibebankan Pemda untuk RSUD SoE saat ini sebesar Rp 25 miliar,” tandasnya.

Namun dia  tidak menyebut besaran dana  pendapatan yang masuk PAD dari bunga bank atas dana yang tersimpan tersebut. Yang jelas, bunga bank tersebut bisa kita kelola karena RSUD SoE adalah Badan Layanan Umum Daerah (BLUD).[sas]

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Daerah

Wali Kota Bogor Dorong Pembentukan FEK

Published

on

ist/net
Continue Reading

Bekasi

Akhir Tahun Ini, Kabupaten Bekasi Bakal Bangun Puluhan Sarana Olahraga

Published

on

ist/net
Continue Reading

Daerah

Di Cianjur-Jabar, kuota CPNS dokter spesialis-disabilitas tak terisi

Published

on

Continue Reading
Loading...