Connect with us

TNI -POLRI

e-STNK Jangan Beratkan Rakyat

Published

on

Contoh e-STNK yang tidak lagi berupa kertas. (Foto: Ist/Net)

Realitarakyat.com – Korps Lalu Lintas Kepolisian Republik Indonesia (Korlantas Polri) melakukan inovasi terkait perubahan wujud sekaligus modernisasi surat tanda nomor kendaraan (STNK) ke wujud yang baru yakni e-STNK. Nantinya, selain menjadi legitimasi kendaraan, e-stnk juga akan mempermudah pemilik kendaraan untuk menuntaskan administrasi perpajakan kendaraan karena  telah berbasis online.

Menanggapi hal tersebut, pengamat kepolisian Ferdinand Montororing memberikan apresiasinya. Menurutnya, hal itu positif dan harus didukung. Namun tentunya bila akan diterapkan, Polri diminta untuk melakukan sosialisasi panjang dan meluas.

“Hal agar semua masyarakat – bukan hanya di kota besar tetapi di wilayah terpencil – juga mengetahui,” katanya kepada realitarakyat.com di Jakarta, Selasa (5/11/2019). Dari segi hukum, pakar hukum pidana itu menilai, rencana Polri menerbitkan STNK dalam bentuk elektronik tidak menyalahi peraturan perundang-undangan yang berlaku.

‘Sehingga, dari aspek hukum dapat dibenarkan. Program ini baik dan kekinian. Tetapi perlu diperhatikan soal proses administrasinya. Bilamana  sifatnya hanya pergantian dan tidak ada biaya tambahan tentunya baik,” ujarnya.

Sebab, kata dia, jangan memberi beban lagi. “Hal itu karena situasi ekonomi saat ini pun sudah berat,” tandas Ketua LBH Ampera Jakarta ini.[sas]

 

 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Headline

Kapolres Dompu Akui Pria Pemeran Video Mesum PDi Ruang Isolasi COVID-19 Anggotanya

Published

on

Continue Reading

Headline

Fahri Hamzah: Di Tangan Komjen Listyo, Ada Harapan Perbaikan Institusi Polri

Published

on

Wakil Ketua Partai Gelora, Fahri Hamzah (ist/net)
Continue Reading

Nasional

Ditemukan Nelayan di Anambas, TNI AL Evakuasi Benda Mirip Rudal Bertuliskan Huruf China

Published

on

(ist/net)
Continue Reading
Loading...