Iuran BPJS Kesehatan Naik, Pelayanan Rumah Sakit Harus Ditingkatkan - Realita Rakyat
Connect with us

Daerah

Iuran BPJS Kesehatan Naik, Pelayanan Rumah Sakit Harus Ditingkatkan

Published

on

image_pdfimage_print

Realitarakyat.com – Anggota Komisi IV DPRD Kabupaten Bekasi Asep Surya Atmaja mengatakan, usulan tambahan iuran bagi peserta PBI telah dibahas legislatif dan masuk dalam KUA-PPAS Kabupaten Bekasi Tahun 2020.

“Itu sudah masuk, kita di Komisi IV sudah merekeomendasikan juga agar disetujui di Badan Anggaran. Itu kan untuk hak rakyat makanya nanti akan kita kawal,” ujar dia kepada wartawan, Rabu (6/11/2019).

Adanya kenaikan iuran BPJS Kesehatan ini, kata Asep, rumah sakit ataupun layanan kesehatan harus meningkatkan pelayanan kepada masyarakat.

“Ini sudah naik 100 persen, jangan sampai ada keluhan masyarakat. Apalagi sampai ada masyarakat yang tidak dilayani dengan baik,” ujar dia.

Pemerintah akhirnya menaikkan iuran BPJS Kesehatan. Hal ini setelah Peraturan Presiden Nomor 75 Tahun 2019 yang mengatur kenaikan iuran peserta Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) diteken Presiden Joko Widodo pada 24 Oktober 2019.

Kenaikan tarif berkisar 65 hingga 116 persen, yang berlaku mulai 1 Januari 2020. Kenaikan tersebut untuk menutup defisit anggaran BPJS Kesehatan yang sudah berlangsung sejak 2014.

Nilainya terus bertambah. Pada 2019 defisit sebesar Rp 32 triliun, dan diprediksi mencapai Rp 77 triliun pada 2024 jika iuran tak dinaikkan.

Ada sejumlah sebab BPJS Kesehatan mengalami defisit. Selain kurangnya disiplin peserta dalam membayar iuran, rasio pembayaran klaim pun tinggi di atas 100 persen. Di sisi lain, biaya pengobatan untuk penyakit katastropik terus meningkat.

Atas hal itulah Pemerintah Kabupaten Bekasi, Jawa Barat membutuhkan anggaran tambahan sebesar Rp79 miliar lebih, karena keniakan iuran BPJS Kesehatan sebesar 100 persen.

“Kami ada sekitar 579.944 warga yang dibayarkan iuran BPJS Kesehatannya. Dengan kenaikan iuran ini tentunya akan menaikan pula anggaran yang dibutuhkan,” kata Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bekasi Sri Enny Mainarti.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Daerah

Ratusan wartawan Di Depok Dapat Bansos Kemensos yang Disalurkan Asprindo

Published

on

Continue Reading

Daerah

Pemkot Pekanbaru Benarkan Ada Kasus Pencurian Kabel JPU Sepanjang 8.800 Meter dan Sudah Dilaporkan Ke Polisi

Published

on

Continue Reading

Daerah

TKA China Gelombang Ketiga Dijadwalkan Tiba di Sultra Besok

Published

on

Continue Reading
Loading...