Connect with us

Nasional

Bila Terpaksa, Indonesia Gunakan Perang Rakyat Semesta

Published

on

Menteri Pertahanan Prabowo Subianto. (Foto: Ist/Net)

Realitarakyat.com – Secara teknologi, Indonesia mungkin belum bisa mengalahkan bangsa lain. Namun bila Indonesia terpaksa terlibat dalam perang, maka yang akan digunakan adalah perang rakyat semesta.

Concept of the total people’s war adalah doktrin kita selama ini, yang lahir dari sejarah Indonesia. Bahwa setiap warga negara berhak dan wajib ikut dalam bela negara,” kata Menteri Pertahanan Prabowo Subianto dalam rapat kerja dengan Komisi I di Gedung DPR RI Senayan, Jakarta, Senin (11/11/2019).

Dia menegaskan, prasarana yang dimiliki mungkin dapat dihancurkan. Akan tetapi dia yakin, Indonesia tidak mungkin diduduki oleh bangsa lain. “Hal itu karena seluruh rakyat akan menjadi komponen pertahanan negara,” ujarnya.

Hal itulah yang akan menjadi fokus dalam penyelenggaraan gelar pertahanan keamanan negara ke depan. Dikatakan, Indonesia memiliki komponen pertahanan utama yaitu TNI.

“Kita juga harus membangun komponen cadangan yang nyata, riil dan operasional serta harus menyiapkan komponen pendukungnya dari seluruh rakyat Indonesia di semua sektor,” tandas Prabowo.

Sektor dimaksud bisa berasal dari petani, nelayan, swasta, akademisi, organisasi kemasyarakatan, partai politik, yang bisa menjadi komponen pendukung pertahanan negara.[sas]

 

 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Headline

Per Hari ini Kamis 29 Oktober Kasus Covid Bertambah 3.565 Kasus

Published

on

Continue Reading

Headline

KKP: Izin Usaha Pengolahan komoditas Perikanan Semakin Mudah

Published

on

Continue Reading

Headline

Menlu AS Mike Pompeo Berkunjung Ke Istana Bogor, Jokowi : Penting untuk Kemitraan Strategis

Published

on

Continue Reading
Loading...