Connect with us

Nasional

Tak Miliki Kader Mumpuni, Parpol Lirik Figur Dari Luar

Published

on

Pengamat politik Universitas Al Azhar Ujang Komarudin. (Foto: Ist/Net)

Realitarakyat.com – Ketiadaan kader yang mumpuni, membuat partai-partai politik melakukan ancang-ancang dan penjajakan serta mencari figur di luar parpol, untuk diajukan dalam Pemilihan Presiden 2024. Selain tidak mumpuni, kader internal parpol juga tidak layak jual atau tidak memiliki elektabilitas dan popularitas yang tinggi.

“Salah satu contohnya adalah Partai Nasdem, yang tidak memiliki kader yang bisa dicapreskan dan layak jual. Oleh karena itu, Nasdem mendorong kepala-kepala daerah yang pernah diusungnya, untuk maju. Salah satunya adalah Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan,” kata pengamat politik Universitas Al Azhar Ujang Komarudin, Senin (11/11/2019).

Hal yang sama juga dialami oleh Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan, yang juga tidak memiliki kader yang mumpuni selain untuk dicapreskan pada 2024. Padahal, Joko Widodo tidak bisa lagi menjabat menjadi presiden untuk periode ketiga.

“Oleh karena itu, PDIP sedang bingung karena harus bisa mencari figur yang bagus dan diminati oleh rakyat. Selain itu, harus memiliki elektabilitas dan popularitas. Tak hanya Nasdem dan PDIP, karena semua parpol hari  ini sudah mulai ancang-ancang dan siap-siap mencari figur yang cocok untuk Pilpres 2024,” ujarnya.

Ketiadaan kader internal yang potensial, mendorong sejumlah kepala daerah yang dianggap layak jual, digadang-gadang untuk maju. Selain Anies, Nasdem juga dikabarkan akan mengusung Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dan Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa.

“Tak heran bila nanti Nasdem dinilai akan menjadi badboy dalam pemerintahan. Artinya, meski berada dalam pemerintahan, namun partai tersebut akan terus mengkritik pemerintah,” tandasnya.[sas]

 

 

 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Headline

Kata Yenny Wahid, Rasulullah SAW Feminis Sejati

Published

on

Yenni Wahid/Net
Continue Reading

Nasional

DPR Minta Pemerintah Sikapi Serius Soal Isu Papua

Published

on

Anggota Komisi I DPR RI Sukamta (ist/net)
Continue Reading

Headline

Wapres Sebut Pemekaran Belum Dapat Dilanjutkan Karena Keuangan NegaraBelum Memungkinkan

Published

on

Continue Reading
Loading...