Pembentukan Badan Peradilan Khusus Pemilu Minim Respon - Realita Rakyat
Connect with us

Nasional

Pembentukan Badan Peradilan Khusus Pemilu Minim Respon

Published

on

Anggota Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) Muhammad. (Foto: Ist/Net)
image_pdfimage_print

Realitarakyat.com – Anggota Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) Muhammad mengaku sangat menyayangkan minimnya respon penyelenggara pemilihan umum (Pemilu) dalam perencanaan Badan Peradilan Khusus Pemilu. Padahal, wacana ini sudah secara terbuka dinyatakan oleh Mahkamah Konstitusi (MK) melalui putusan bernomor 97/PUU-XI/2013.

“Putusan yang dikeluarkan pada 2013 silam ini menginstruksikan agar negara segera membentuk Badan Peradilan Khusus Pemilu. Tetapi hingga sekarang minim respon,” kata Muhammad, Rabu (13/11/2019).

Dia menambahkan, putusan MK sudah seharusnya disambut dengan positif oleh insan kepemiluan. Baik lembaga penyelenggara Pemilu maupun LSM yang bergerak di bidang Pemilu.

“MK secara formal sudah menyampaikan itu, kemudian itu sudah disuarakan dalm berbagai forum. Sayangnya ini belum menyambut, KPU, Bawaslu dan NGO juga belum menyambut,” ujar Ketua Bawaslu RI periode 2012-2017 ini.

Sebagaimana diketahui, proses penegakan hukum terkait Pemilu masih dikelola oleh sejumlah pihak. Antara lain seperti Mahkamah Agung (MA), PTUN, Bawaslu hingga MK.

Menurut Muhammad, lembaga yang menangani penegakan hukum Pemilu terlampau banyak sehingga ia pun sepakat dengan putusan MK agar dibentuk Badan Peradilan Pemilu. “Hadirnya badan peradilan pemilu ini sudah merupakan suatu kebutuhan dan sifatnya mendesak,” tegasnya.[sas]

 

 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Headline

Dalam Sehari Positif Covid-19 Bertambah 2.657 Kasus, Jokowi Sebut Ini Sudah Lampu Merah

Published

on

Continue Reading

Headline

Wapres Ma’ruf Amin Yakin Ekonomi RI Pulih dari Corona di Tahun 2022

Published

on

Continue Reading

Headline

Mahfud MD Apresiasi Kerja Senyap Yasonna Tangkap Maria Lumowa

Published

on

Continue Reading
Loading...