Connect with us

Daerah

Teliti Sistem Tata Udara Hotel, Ketua IAI Sulsel Raih Gelar Doktor

Published

on

Ketua Ikatan Arsitek Indonesia (IAI) Sulawesi Selatan Nasrullah. (Foto: realitarakyat.com/M Darwis)

Realitarakyat.com – Konsumsi energi di sektor perhotelan dapat meningkat secara dramatis. Sehingga dibutuhkan peran aktif pelaku usaha, dalam meningkatkan efisiensi penggunaan energi. “Sistem tata udara yang digunakan pada kamar hunian hotel, harus sesuai dengan penggunaan beban pendingin,” kata Ketua Ikatan Arsitek Indonesia (IAI) Sulawesi Selatan Nasrullah, Rabu (13/11/2019).

Hal itu disampaikannya saat mempertahankan desertasinya, di hadapan tim penguji yang dipimpin Wakil Dekan bidang Akademik, Riset dan Inovasi Fakultas Tehnik Universitas Hasanuddin Prof. Baharuddin Hamzah. Desertasi tersebut disajikannya di Gedung JK CSA Building, Kampus Fakultas Tehnik Unhas, Gowa, Sulawesi Selatan.

Nasrullah menyajikan desertasinya yang berjudul Konservasi Energi Sistem Tata Udara Bangunan Gedung Hotel selama 20 menit, di hadapan tim promotor, ko promotor dan penguji eksternal dari Universitas Gadjah Mada, dengan hasil yang sangat memuaskan. Dengan demikian, maka Nasrullah resmi menyandang gelar doktor dalam bidang tehnik arsitektur.

Dia menambahkan, bisnis perhotelan merupakan sektor yang berkembang sangat cepat dan menjadi salah satu tujuan wisata dan bisnis terkemuka dunia. Adapun desertasinya itu, merupakan hasil observasi dari lima hotel berbintang di Makassar.

“Penerapan konservasi energi sistem tata udara bangunan hotel, menjadi standing position bagi peneliti untuk melakukan penelitian. Yakni dengan mencari atau memilih hotel yang mempunyai kasus yang berkaitan dengan aktivitas bangunan yang mengkonsumsi energi yang besar,” jelas Nasrullah yang juga berprofesi sebagai dosen Fakultas Tehnik di Universitas Bosowa (Unibos) Makassar itu.[sas]

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Daerah

Kejati Kembali Lirik Kredit Macet Bank NTT Rp. 17 Miliar

Published

on

Continue Reading

Daerah

Jangan Pilih Mantan Napi Korupsi di Pilkada

Published

on

ilustrasi/net
Continue Reading

Daerah

Kasus Bank NTT Cabang Surabaya, Jaksa Selamatkan Uang Negara Rp. 128 miliar

Published

on

Continue Reading
Loading...