Connect with us

Nasional

Teror di Medan Bentuk Retaliasi

Published

on

Ilustrasi (Net)

Realitarakyat.com – Analis intelijen Ridlwan Habib menilai, teror bom bunuh diri di Medan adalah bentuk retaliasi atau balas dendam atas tewasnya pemimpin ISIS Abu Bakar Al Baghdadi. Retaliasi dilakukan oleh para pengikut, setelah sebelumya berbaiat pada pemimpin yang baru, Abu Ibrahim al Hashimi al Quraishi.

“Setelah berbaiat, mereka lalu melakukan pembalasan di basis wilayah masing-masing. Khususnya bagi anggota jaringan yang memiliki kemampuan. Retaliasi juga dilakukan oleh anggota mereka di Afrika Utara, Bangladesh atau Sinai,” katanya, Kamis (14/11/2019).

Bila nantinya dipastikan bahwa pelaku dan jaringannya adalah pro ISIS, maka kejadian di Medan adalah bagian dari menaati perintah retaliasi dari kalifah baru atas tewasnya al Bagdadi. Hal senada juga dikatakan pengamat terorisme Al Haidar. Dia mengatakan, kejadian di Medan memiliki keterkaitan dengan tewasnya al Baghdadi.

Karena dari pantauan, merekalah yang antusias menunggu adanya khalifah yang baru. Oh iya, pasti (ada hubungannya).  Dan dua hari setelah tewasnya al Baghdadi, muncullah al Quraishi. Lalu, menjadikan polisi sebagai sasaran serangan biasanya terkait dengan jaringan itu,” ujarnya.[sas]

 

 

 

 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Kesehatan

Soal Vaksin COVID-19, Peluang Kerja Sama RI-Swedia Terbuka Lebar

Published

on

Kamadiprata Isnomo (ist/net)
Continue Reading

Nasional

PKS Sebut Tak Ada Urgensi Teruskan Pembahasan RUU HIP

Published

on

Mulyanto (ist/net)
Continue Reading

Nasional

Pengamat Sebut Sandiaga dan Fadli Zon Berpeluang Isi Posisi Menteri KKP

Published

on

Continue Reading
Loading...