Connect with us

Nasional

Bawaslu akan Pecat Jajaran yang Salahgunakan Jabatan

Published

on

Ketua Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu), Abhan. (Foto: Ist)

Realitarakyat.com – Ketua Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu), Abhan meminta kepada semua jajarannya agar mengedepankan integritas dalam menangani sengketa proses pencalonan Pilkada Serentak 2020. Hal tersebut disampaikannya, karena dia yakin akan banyak godaan yang menghampiri.

“Khususny kala sengketa proses tersebut berlangsung. Saya tak segan-segan memberhentikan jajaran Bawaslu yang terbukti menyalahgunakan kewenangannya,” kata Abhan, Jumat (15/11/2019).

Sebab menurutnya, dalam mekanisme sengketa proses Bawaslu tingkat provinsi atau tingkat kabupaten/kota, punya kewenangan besar. Terutama untuk menjadikan seseorang memenuhi syarat atau tidak memenuhi syarat.

“Potensi terjadinya sengketa proses dalam tahapan pencalonan pilkada sangat besar. Potensi sengketa akan banyak dilakukan oleh calon perseorangan,” ujarnya. Pria asal Pekalongan, Jawa Tengah tersebut juga turut mengingatkan kasus yang pernah terjadi di salah satu kabupaten di Jawa Barat pada Pilkada 2018.

“Waktu itu, setelah oknum Bawaslu tingkat kabupaten terbukti menyalahgunakan jabatan, maka langsung diberhentikan. Maka, jalankan tugas sebaik-baiknya, jabatan jangan disalahgunakan. Kewenangan ini sangat luar biasa, bisa mengubah peta politik,” tandasnya.[sas]

 

 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Headline

Jokowi Ajak GP Ansor Sinergi Atasi Pandemi Corona

Published

on

Continue Reading

Headline

Kantor Pemerintah Sumbang Kasus Corona, Tjahjo Ingatkan Pentingnya Pengawasan Ketat

Published

on

Continue Reading

Headline

Per hari Ini Kasus Covid Bertambah 3.891 Total Menjadi 236.519 orang

Published

on

Continue Reading
Loading...